Tips Mudah Olahraga Ringan saat Sedang WFO atau WFH

olahraga ringan

Salah satu tips olahraga ringan yang bisa dilakukan sambil kerja, baik saat WFO (Work from Office) atau WFH (Work from Home) adalah olahraga di tempat duduk. Mengingat kamu mungkin terlalu sibuk, sehingga tidak sempat melakukan olahraga, jadi kamu bisa menerapkan trik ini di sela-sela duduk dan kerja di kantor maupun di rumah. Gerakan-gerakan olahraga ringan yang dapat kamu lakukan sambil duduk adalah:

  • Rentangkan dua tangan ke atas, lalu tahan selama 10 detik.
  • Angkatlah salah satu tungkai ke depan, tahan selama dua detik, turunkan perlahan hingga kaki berada di dekat lantai, dan tahan beberapa detik, lalu tapakkan ke lantai. Ulangi untuk tungkai sebelahnya, masing-masing hingga 15 kali.
  • Duduklah dalam posisi tegak dan tengokkan kepala ke arah kiri sambil memutar tubuh ke arah kanan. Tahan hingga beberapa saat, kemudian lepaskan. Kamu bisa mengulangi gerakan ini hingga 15 kali.

Pentingnya Melakukan Olahraga Ringan Sambil Kerja

olahraga ringan

Kamu mungkin sudah tahu apa saja bahaya terlalu sering duduk. Kebanyakan duduk di tempat kerja bisa bikin tubuhmu terserang banyak penyakit. Rutinitas tersebut akan  membuat otot kamu tegang, sakit di area pergelangan tangan, leher, bahkan sakit mata karena terlalu sering melihat layar komputer. Dilansir dari Forbes, sebuah penelitian menyatakan bahwa duduk seharian akan meningkatkan risiko kematian hingga 40 persen. Selain itu, karena jarang bergerak, tanpa kamu sadari berat badanmu juga akan bertambah. Kamu pasti mau, bukan?

Itulah mengapa, melakukan olahraga ringan sambil kerja sangat penting. Dengan begitu, meskipun sedang sibuk kerja, kamu bisa tetap sehat. Untuk mendapatkan tips dan trik olahraga ringan yang bisa dilakukan di meja kerja lainnya, langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

Baca juga:  Yuk, Kenali Jenis Cedera Otot dan Cara Tepat Mengatasinya

1. Push Up Meja

Pertama, kamu perlu mundur dua langkah dari meja, dan pastikan kakimu sejajar. Kemudian letakkan kedua tanganmu diujung meja, sejajar dengan pundak. Turunkan dadamu sampai ke ujung meja, lalu dorong kembali ke atas. Jangan lupa untuk membuang nafas saat naik ke atas, ya. Gerakan ini bisa kamu lakukan hingga 20 kali.

2. Desk Upward Dog

Pose yoga yang satu ini juga bisa kamu lakukan sambil, lho. Caranya, taruh tanganmu di atas meja, lalu posisikan tubuhmu dengan tegap. Kemudian secara perlahan turunkan badan bagian atasmu, dan tarik napas dalam-dalam. Regangkan tubuhmu ke atas, lalu tarik kepala ke belakang. Tahan posisi ini dalam beberapa tarikan napas dan ulangi beberapa kali.

3. Peregangan Tangan

olahraga ringan
Sumber: https://beritagar.id/

Caranya cukup mudah, letakkan tangan di atas pangkuan, dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Kemudian lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. Lalu, geser sedikit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari itu. Tarik sekuat mungkin, dan usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Ambil jeda atau istirahat, dan kemudian ulangi lagi. Latihan isometrik ini dapat memperkuat otot pada bahu, dada, bisep, dan trisep tanpa harus meninggalkan meja kerjamu, lho

4. Mengencangkan Otot Gluteus

Sembari duduk, mengencangkan otot gluteus atau otot bokong juga tidak mustahil untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menyilangkan sebelah kaki tanpa menimpa kaki di kaki yang berada di bawah, kemudian tahan selama beberapa saat. Cara lainnya bisa dilakukan dengan menekan pantat sekuat mungkin. Meski demikian, jika ada rekan kerja di belakangmu yang jeli, kamu harus lebih waspada, ya

Baca juga:  Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian dan Kondisi Psikologis Seseorang

5. Duduk di Angin

Rendahkan kursimu serendah mungkin, lalu berdirilah di depan kursi dan atur kaki agar sejajar dengan punggung. Setelah itu, letakkan tangan di pinggul dan turunlah sampai kamu menyentuh ujung kursi. Kemudian duduk sepelan yang kamu bisa, dan lakukan sebanyak 20 kali. Untuk yang lebih sulit, kamu bisa mengangkat kedua tangan ke atas seakan kamu sedang memegang bola. Dan jika ternyata kamu bisa, coba lakukan dengan satu kaki saja.

6. Gerakan Mengayuh Sepeda

Gerakan ini adalah gerakan yang baik untuk melatih ototmu. Caranya, duduk dengan tegap dengan kaki di lantai. Lalu posisikan kedua tangan di belakang kepala, angkat lutut kanan ke arah siku kiri sambil memutar tubuh. Lakukan secara bergantian masing-masing sebanyak 15 kali.

7. Mendorong Lengan

olahraga ringan

Pertama, tempatkan lengan di pangkuan dengan posisi kedua telapak tangan saling berciuman seperti berdoa. Setelah itu, dorong kedua lengan secara bersamaan. Istirahatlah dan ulangi beberapa kali. Gerakan ini dipercaya dapat memberikan manfaat pada otot dada, bisep, dan trisep. Jika rutin melakukan gerakan ini, maka kamu mungkin tidak lagi membutuhkan kartu anggota fitness.

Bagaimana, sekarang sudah percaya kan kalau olahraga ternyata tidak harus di tempat fitness? Kalau ada waktu luang di tempat kerja, kamu bisa mencoba olahraga ringan seperti yang telah disebutkan di atas. Selain sehat, siapa tahu bisa bantu bikin sixpacks kamu jadi, lho. Jadi, kalau kamu sulit meluangkan waktu untuk olahraga, karena saat pagi hari kamu sudah terlalu sibuk untuk mempersiapkan diri ke kantor, dan kalau olahraga setelah jam kerja, badan sudah terlalu lelah. Tips dan trik di atas adalah solusinya. Jangan tunda lagi, langsung praktik, ya!

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru