rakit pc gaming

Tips Mudah Rakit PC Gaming Murah, Cocok untuk Pemula

Kamu hobi main game, dan sedang berencana untuk merakit PC gaming? Game-game terbaru memang perlu diimbangi dengan kualitas hardware yang setara pula. Itulah mengapa, rakit PC gaming menjadi sebuah kebutuhan penting untuk para gamers saat ini. Tapi sayangnya, banyak yang belum terlalu familiar mengenai bagaimana cara merakit PC. Padahal PC gaming murah juga masih bisa mendukung keperluan game sampai beberapa tahun ke depan, lho. Dari pada penasaran, langsung saja intip tips dan trik rakit PC gaming murah dan mudah, yang cocok untuk pemula berikut ini. 

Tips dan Trik Rakit PC Gaming

rakit pc gaming

Buat kamu yang sedang ingin rakit PC gaming murah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan untuk memulai membuatnya.

1. Menghitung perkiraan budget

Merakit PC gaming memang bisa dibilang tricky, karena kamu bukan cuma harus bisa memasang tiap komponennya dengan tepat, tetapi juga banyak perhitungan yang harus dilakukan. Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam proses rakit PC gaming adalah budget yang kamu miliki. Pembatasan budget terbilang sangat penting karena kalau tidak dibatasi, uang Rp100 juta pun bisa habis untuk merakit PC gaming.

Pembatasan budget ini nantinya juga akan berhubungan dengan komponen jenis apa saja yang bisa kamu pasang, dan alternatif yang lebih murahnya seperti apa. Jadi, cobalah untuk menentukan maksimum budget yang akan kamu habiskan untuk proses rakit PC gaming yang akan dibuat. Dan setelah itu, sesuaikan komponen dengan budget yang telah dialokasikan.

Baca juga:  Tips Mudah Melakukan Wireless Charging untuk Gadget

2. Menentukan target dari merakit PC Gaming

Maksud dari target adalah game seperti apa yang ingin kamu mainkan dengan PC yang akan kamu buat, stabil di berapa FPS, dan kira-kira tidak akan di-upgrade lagi hingga berapa tahun lamanya. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan menemukan bayangan yang lebih jelas mengenai seperti apa PC gaming kamu nantinya.

3. Memilih komponen PC Gaming murah dan terbaik

Setelah menentukan budget dan target, langkah selanjutnya adalah memilih komponen yang paling sesuai. Menghitung kesesuaian komponen ini juga lumayan tricky, karena kamu bukan hanya mencari spesifikasi komponen saja, tetapi juga membandingkan harga merek A dengan merek lainnya. Harga komponen serupa dengan merek yang berbeda harganya juga akan berbeda pula. Perbedaannya bahkan bisa mencapai 2 kali lipatnya, lho. Jadi, kamu harus jeli dalam melihat kelebihan dan kekurangan dari komponen-komponen dengan merek tertentu.

4. Menghitung beban daya sebelum mulai merakit PC Gaming

Setelah memilih semua komponen penting dalam PC gaming versi kamu, langkah selanjutnya adalah menghitung daya yang diperlukan dan power supply yang paling sesuai. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Rakit PC yang ada di Google Play Store untuk hal ini. Aplikasi tersebut akan menghitung secara otomatis besarnya daya yang diperlukan dari masing-masing komponen yang kamu pilih.

Lalu, setelah besaran Watt-nya diketahui, pilihlah PSU yang paling sesuai yang bisa kamu beli dengan memperhitungkan kualitas dan tentunya budget awal kamu. Misalnya PC kamu beserta segala komponennya membutuhkan daya 350 Watt, itu artinya kamu harus membeli power supply dengan daya 450-500 Watt supaya lebih aman. Akan lebih bagus lagi jika power supply pilihanmu memiliki efisiensi 80+ dan memiliki sertifikasi minimum Bronze.

Baca juga:  5 Hero Terkuat di Mobile Legends 2023, Simak di Sini!

Daftar Komponen untuk Rakit PC Gaming

Berikut ini ada beberapa komponen penting yang perlu kamu perhatikan sebelum rakit PC gaming. Jangan lupa dicatat, ya

1. Prosesor

rakit pc gaming

Prosesor menjadi bagian yang paling penting dalam merakit PC gaming. Kalau budget kamu terbatas, kamu bisa memilih chipset besutan AMD. Misalnya prosesor AMD Ryzen 3 dengan series 3200G yang memiliki segudang kelebihan dengan harga yang terjangkau.

2. Motherboard/Mainboard

Selanjutnya untuk motherboard, pilihan yang ada sebenarnya cukup beragam. Jika budget kamu di bawah Rp800 ribu, kamu bisa mendapatkan ASRock A320-HDV yang sudah support AM4 dan bisa dipakai untuk prosesor Ryzen 3 sampai Ryzen 5. 

3. RAM

Sedangkan untuk RAM, kamu memiliki pilihan yang lebih beragam dibandingkan bagian lainnya. Sebaiknya kamu membeli dua buah RAM 4GB (2x4G) dengan frekuensi 2666MHz.

4. SSD dan Harddisk

rakit pc gaming

Untuk PC gaming modern, kamu wajib memiliki SSD sebagai ruang penyimpanan. Tidak perlu yang mahal-mahal, karena kamu cukup membeli SSD dengan kapasitas 120GB.  SSD ini sangat penting untuk menyimpan sistem seperti Windows dan aplikasi-aplikasi praktis lainnya. Sementara untuk Harddisk, kamu cukup membeli yang berkapasitas 500GB dari Seagate. Harddisk ini juga termasuk komponen penting, yaitu untuk menyimpan game-game kesayanganmu.

5. Power Supply (PSU)

Power supply ini bisa dibilang sebagai jantung dari PC milikmu. Memilih PSU tidak bisa sembarangan karena sangat vital untuk perangkat yang akan kamu rakit. Sebaiknya kamu membeli PSU berkapasitas 400-450 Watt. Kamu bisa mempertimbangkan tiga pilihan berikut ini, Corsair CV450W, Seasonic Eco 430W, atau Thermaltake 500W.

6. Casing

Untuk pilihan casing, kamu bebas memilihnya. Misalnya, kamu bisa memilih casing dengan merk Cube Gaming, Sades, ataupun Armageddon yang menawarkan kualitas mumpuni di harga yang sangat terjangkau.

Bagaimana, tips dan trik rakit PC gaming di atas cukup mudah dipahami bukan? Ingat ya, pastikan kamu selalu berpatok pada budget yang kamu punya. Jika tidak, bisa-bisa kamu terlena dan dompetmu akan jebol.

Rishna Maulina

Share