Tips Sukses Mempersiapkan dan Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

interview kerja

Buat kamu yang sedang menjadi job seeker, saat interview kerja tentunya menjadi masa paling penting yang menentukan apakah kamu diterima atau tidak.

Sekarang ini, interview menjadi hal yang mendasar dan perlu dilakukan. Melalui proses interview inilah perusahaan ataupun interviewer akan mencari tahu lebih detail tentang kamu sebagai job seeker.

Saat interview kerja, sudah tidak dibahas lagi GPA kamu berapa atau asal kamu dari daerah mana. Melainkan yang dibahas di sini adalah tentang skill dan pengalaman kamu apa saja dan sudah sejauh mana.

Untuk mendapatkan nilai plus dibanding kandidat lainnya, di bawah ini akan kita bahas persiapan apa saja yang perlu kamu lakukan dan bagaimana cara menjawab pertanyaan yang sering diajukan saat wawancara kerja.

Tips Mempersiapkan Interview Kerja

Cari Tahu Tentang Perusahaan yang Akan Kamu Lamar

cari informasi tentang perusahaan

Mungkin kamu bisa mencari tahu tentang perusahaan itu bergerak di bidang apa, sudah berapa lama, atau mungkin budaya perusahaannya seperti apa.

Bacalah Deskripsi Kerja Secara Jelas

deskripsi pekerjaan
sumber : icloudhouse.com

Di saat melamar, kamu harus mengetahui dengan jelas job descriptions posisi yang kamu lamar. Karena, di sini kamu bisa mengetahui dan menyesuaikan kemampuanmu untuk pekerjaan yang akan kamu jalani nantinya.

Berlatih Berbicara

latihan interview
sumber : teknolagi.id

Hal ini perlu dilakukan khususnya buat kamu yang sering merasa gugup. Coba latihan dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan saat interview. Kemudian, siapkan jawaban yang simple namun jelas.

Pelajari Etika saat Melakukan Wawancara Kerja

perhatikan etika saatinterview kerja
sumber : topcareer.id

Selain harus mempersiapkan penampilan atau jawaban saat interview, etika juga perlu kamu pelajari. Misalnya menyapa interviewer lebih dulu, mematikan handphone dan jangan memasang handphone pada mode vibrate. Terkadang hal ini juga mengganggu saat proses interview berlangsung.

Mintalah Business Card Mereka

meminta business card untuk memperlas jaringan
sumber : darkprint.com

Kamu bisa menggunakan business card untuk mengirimkan ucapan terimakasihkepada interviewer. It’s gonna be a plus!

Untuk poin terakhir itu sangat penting, bahkan di Indonesia masih jarang yang melakukan hal itu. Terlepas kamu diterima atau tidak, setidaknya ini bisa menjadi salah satu bentuk networking kamu selanjutnya.

Baca juga:  Ide Usaha Sampingan Mudah dengan Untung Berlimpah

Cara Menjawab 5 Pertanyaan Umum dalam Interview Kerja

Coba Gambarkan Diri Kamu

Hati-hati, pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui karakter dasar kamu. Karakter seorang pekerja merupakan aspek penting bagi perusahaan. Calon pekerja yang berkarakter kuat tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja. Terutama jika karakter  sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

Oleh sebab itu pilihlah tiga kata yang dapat mendeskripsikan diri kamu. Sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Berikan gambaran karakter yang sesuai dan pilih kata-kata positif. Misalnya yaitu jujur, pekerja keras, antusias, berkomitmen tinggi, mudah bekerjasama, komunikator yang baik, dan lain sebagainya. Pastikan karakter yang disebut memang sesuai dengan karakter kamu sesungguhnya.

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Pertanyaan ini cukup penting, karena seorang pelamar wajib mengetahui tempat atau perusahaan yang dia tuju. Sehingga biasanya pertanyaan ini muncul untuk mengetahui seberapa jauh calon karyawan selaras terhadap visi dan misi perusahaan.

Tips dalam menjawab pertanyaan ini yaitu, pastikan  fokus pada sisi positif perusahaan yang akan dilamar. Jangan sampai membandingkan dengan perusahaan yang terdahulu. Tunjukkan bahwa perusahaan yang sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat kamu tertarik untuk bergabung.

Mengapa Tertarik Bergabung ke Perusahaan Ini?

Kebanyakan orang tentunya akan menjawab suasana kerja yang lebih nyaman dan gaji yang tinggi. Jangan terkecoh! Pertanyaan ini merupakan usaha untuk mencari motivasi yang sesungguhnya. Setiap perusahaan lebih menginginkan pekerja yang loyal. Oleh sebab itu pastikan jawaban yang diberikan bukan jawaban remeh seperti kenaikan gaji. Apalagi jika sampai mengutarakan ketidaknyamanan di perusahaan sebelumnya. Perusahaan yang baru tentu akan menilai Anda adalah orang yang tidak mau bekerja keras.

Baca juga:  Tips Bisnis Mempertahankan Usaha di Masa Pandemi

Sebaiknya jawab pertanyaan ini dengan alasan-alasan positif. Misalnya karena ingin berkontribusi lebih dalam menyalurkan bakat. Atau lebih karena posisi yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan. Pastikan bahwa alasan bergabung lebih karena motivasi yang membangun.

Mengapa Berhenti Bekerja pada Pekerjaan Sebelumnya?

Ini adalah salah satu pertanyaan penting. Karena dari jawaban tersebut, perusahaan dapat menilai karakter dan orientasi kamu. Karena biasanya motivasi seseorang berhenti bekerja sangat erat dengan karakter dan orientasinya.

Oleh sebab itu hindari menyebutkan masalah pribadi sebagai alasan. Pastikan alasan karena sesuatu hal yang profesional. Pastikan juga bukan karena konflik. Fokuslah pada jawaban bahwa kamu berhenti kerja di tempat sebelumnya karena ingin mencari posisi yang lebih baik untuk berkembang sesuai minat dan bakat.

Berapa Gaji yang Diinginkan?

Pertanyaan ini memang cukup sulit untuk dijawab. Karena bisa jadi di posisi yang sama gaji yang diminta akan berbeda. Sehingga biasanya menentukan  besarnya gaji membutuhkan pemikiran lebih.

Oleh sebab itu ketahui lebih dahulu standar gaji di perusahaan yang akan dilamar. Perhitungkan faktor-faktor seperti pengalaman dan tingkat kesulitan pekerjaan. Jelaskan ekspetasi kamu, namun pastikan masih di dalam standar perusahaan.

Lalui Interview Kerja dengan Sukses

Dengan tips menjawab lima pertanyaan jebakan saat interview kerja, tentunya hal ini akan membantu melalui sesi interview dengan maksimal. Cobalah pelajari, maknai dan terapkan di sesi interview selanjutnya. Dengan memahami jawaban dari pertanyaan tim HRD, maka pastinya kamu akan dapat menjawab semua pertanyaan dengan sukses. Semoga berhasil!

Tags: , , , ,

Berita Terbaru