Intip Perlengkapan Touring yang Wajib Kamu Siapkan, Yuk!

Bagi kamu yang gemar berkendara dan jalan-jalan ke suatu tempat, pasti sudah paham sekali dengan istilah touring, ya. Untuk yang masih awam, touring artinya suatu kegiatan berkendara dengan alat transportasi pribadi dengan destinasi tertentu. Biasanya, kegiatan ini lebih identik dengan sepeda motor daripada kendaraan lainnya. Jarak yang ditempuh hendaknya disesuaikan dengan kemampuanmu untuk berkendara.

Kamu bisa melakukan hal ini dengan pasangan, keluarga, dan juga rekan-rekan komunitasmu. Selain melepas penat, touring juga bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan amal dan sosial, lho! Untuk melakukan kegiatan ini, kamu bisa mempersiapkan peralatan dan hal-hal penting lainnya. Apa saja itu? Yuk, simak perlengkapan yang wajib kamu siapkan sebelum memulai perjalanan!

Sumber: freepik

Manfaat Kegiatan Touring

Ada beberapa manfaat dari kegiatan ini yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan fisik dan mental. Kira-kira apa saja ya?

1. Menyatukan Diri dengan Lingkungan Sekitar

Saat melakukan perjalanan, diri kita otomatis akan menyatu dengan keadaan sekitar. Sensasi terpaan angin, udara yang sejuk, hingga suara mesin kendaraan akan membuatmu bahagia. Apalagi jika kamu mendatangi tempat baru dengan pemandangan yang memukau, pikiran menjadi lebih tenang.

2. Meningkatkan Kekuatan Fisik dan Refleks Tubuh

Melakukan perjalanan jarak jauh dengan kuda besi kesayanganmu dapat melatih kekuatan dan gerakan tubuh dalam mengendarai sepeda motor dan meliuk-liuk di jalan dan medan tertentu. Otot-otot yang berhubungan langsung dengan kendaraan seperti otot tangan dan kaki akan semakin kuat dan terlatih. Meskipun nantinya kita akan pegal, tapi itulah letak keseruan dari touring.

3. Penghilang Stres

Sumber: freepik

Manfaat selanjutnya dari kegiatan touring adalah penghilang stress. Ada rasa terhubung antara dirimu dan sepeda motor juga lingkungan sekitar yang susah didapat jika menggunakan kendaraan lain. Adapun suatu penelitian menunjukkan bahwa mengendarai sepeda motor ke dalam kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan berbagai fungsi kognitif, terutama fungsi korteks prefrontal.

Baca juga:  Ranu Kumbolo, Surga Sunrise dan Sunset di Kaki Mahameru

4. Sarana Kegiatan Amal dan Sosial

Selain melakukan perjalanan bersama, biasanya para anggota komunitas pengendara motor akan melakukan kegiatan amal dan sosial. Seperti membagikan makanan ke yang membutuhkan, hingga melakukan penggalangan dana untuk bencana alam.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berkendara di jalanan benar-benar mampu menjadi pembakar kalori yang besar. Off-road atau trail melibatkan kerja seluruh tubuh saat berkendara. Levelnya berbeda disbanding dengan berkendara di jalanan aspal, karena jalan dan medan yang dihadapi saat off-road biasanya terjal dan relatif sulit dilewati.

Persiapan Sebelum Bepergian

Sebelum kamu bepergian, ada baiknya kamu mempersiapkan segala hal yang diperlukan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Meriset Rute Perjalanan yang Akan Dilewati

Sebelum memulai touring, artinya ada hal penting yang wajib kamu persiapkan berupa tujuan dan jalur perjalanan. Kemudian lakukan riset seperti medan jalan, kondisi lalu lintas, tempat untuk istirahat, bengkel, hingga tempat pengisian bahan bakar. Kamu juga perlu untuk menyiapkan jalur alternatif jika jalur utama mendadak tidak bisa dilewati.

2. Menentukan Perkiraan Biaya Perjalanan

Setelah kamu melakukan riset rute perjalanan, saatnya kamu menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan. Mulai dari bahan bakar, tiket tempat wisata, konsumsi, dan biaya cadangan jika ada sesuatu yang terjadi mendadak. Siapkan uang tunai yang cukup karena sebagian tempat yang akan kamu kunjungi tidak menyediakan ATM atau pembayaran cashless.

3. Cek Kondisi Kendaraanmu!

Sumber: freepik

Perhatikan kelengkapan kendaraanmu, seperti kondisi ban, surat-surat perjalanan, cek rantai dan oli kendaraan. Siapkan juga kebutuhan yang mungkin akan diperlukan selama perjalanan, seperti peralatan servis ringan, permen, dan minuman jika ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca juga:  Wajib Tahu! 8 Fakta dan Hal Menarik Seputar Gunung Kembang

Perlengkapan yang Wajib Ada Saat Touring

Setelah melakukan persiapan touring, artinya ini saatnya kamu mendata perlengkapan apa saja yang wajib ada saat melakukan perjalanan jauh. Berikut daftar perlengkapan untuk touring.

  • Jaket riding untuk melindungimu dari teriknya matahari
  • Helm modular agar kepalamu terlindungi jika terjadi benturan
  • Pelindung kaki yang berbahan lembut tapi cukup tebal
  • Jas hujan untuk digunakan jika tiba-tiba hujan datang
  • Box motor untuk menaruh segala keperluan perjalanan
  • Sepatu yang ringan
  • Sarung tangan agar tanganmu tidak terkena panas matahari
  • Masker agar terhindar dari debu atau asap
  • Peralatan servis ringan seperti obeng, kunci-kunci, tang, dan lain sebagainya.
  • Pompa angin dan tambal ban portabel jika tidak ada bengkel yang ditemui dalam perjalanan
  • Kotak P3K jika ada kejadian tidak terduga
  • Power bank untuk men-charge gawaimu
  • GPS untuk melacak lokasi kalian berada dan penunjuk jalan saat berkendara
  • Uang tunai secukupnya

Selain hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu untuk menjaga kesehatan dan menyiapkan fisik. Usahakan untuk berangkat di pagi hari agar tidak macet dan juga bisa melakukan touring dalam kondisi segar bugar. Oh iya, jangan lupa berdoa sebelum berangkat agar diberi kelancaran dalam perjalanan. Selamat berkendara, selalu patuhi lalu lintas dan terapkan safety riding, ya!

Mia Atika

Add comment

Share