backpacker

Tips Travelling ala Backpacker yang Menarik untuk Dicoba

Ternyata masih ada sebagian orang yang berpendapat kalau travelling itu membutuhkan banyak biaya. Padahal, kamu bisa dengan mudah mencoba liburan ala backpacker agar dapat menghemat biaya, lho. Melakukan perjalanan wisata tentunya harus direncanakan sebaik mungkin. Travelling spontan atau dadakan mungkin memang seru dan menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama sahabat terdekat. Namun sayangnya, hal ini bukan pilihan jika kamu ingin berhemat. Jika ingin mengurangi budget sebelum dan selama perjalanan, maka kamu harus menyiapkan perencanaan perjalanan dari awal.

Perencanaan ini meliputi rute transportasi yang akan kamu gunakan, mencari tahu tempat-tempat wisata yang menyenangkan namun juga murah, serta tempat makan yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Yang paling penting adalah, jika kamu merancang perjalanan dari jauh hari, maka bisa saja kamu mendapatkan tiket pesawat yang jauh lebih murah. Jika tertarik untuk berwisata ala backpacker, simak beberapa tips di bawah ini. 

1. Menyiapkan Travel Kit

backpacker

Meskipun melakukan perjalanan wisata ala backpacker, namun beberapa alat tempur perjalanan tetap wajib untuk disiapkan. Jika berencana pergi ke luar negeri, maka siapkan dompet kecil untuk paspor, visa, bahkan KTP dan beberapa dokumen penting lainnya. Kamu juga perlu scan semua dokumen tersebut, lalu kirimkan ke email kamu untuk keperluan mendadak dan darurat jika kamu lupa di mana menaruh paspor atau bahkan jika kamu menghilangkannya.

Selain beberapa dokumen tersebut, sedikit uang tunai juga perlu disiapkan untuk keperluan mendesak jika kamu tidak menemukan ATM di sekitar tempat wisata, sementara kamu perlu membeli makanan dan lain sebagainya. Barang-barang penting lainnya, bisa kamu siapkan juga, seperti charger, hp, buku catatan, headphone, kamera, hingga botol air minum.

2. Mencari Penginapan Murah

Selama liburan, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di berbagai tempat wisata dibandingkan di dalam penginapan. Jadi, untuk menghemat biaya, kamu tidak perlu mencari hotel atau penginapan mewah yang bisa membuat pengeluaran kamu membengkak. Pintar-pintarlah untuk mencari penginapan termurah, namun dengan fasilitas yang cukup memadai.

Baca juga:  Menikmati Pesona Bawah Laut dan Aktivitas Seru di Raja Ampat

3. Memilih Paket Perjalanan

Banyak orang yang berfikir jika mengambil paket perjalanan malah bisa membuat budget semakin membengkak. Padahal nyatanya ada beberapa destinasi wisata yang lebih murah jika kamu mengambil paket perjalanan, lho. Sebagai contohnya, jika kamu ingin mengunjungi pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Wakatobi, Labengki, hingga Derawan, maka untuk menghemat biaya perjalanan, sebaiknya kamu memilih paket perjalanan yang ditawarkan secara online. Menurut riset dan berbagai sumber, perjalanan ke tempat-tempat tersebut justru akan lebih murah jika kamu mengambil paket tour. Selain sudah mendapatkan penginapan, biasanya harga yang ditawarkan juga sudah termasuk tiket wisata dan tour guide yang menemani kamu selama berlibur di sana.

4. Menggunakan Transportasi UmumĀ 

backpacker

Jika kamu ingin mengunjungi salah satu daerah di Indonesia, maka menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus malam bisa menjadi jawaban yang paling tepat untuk travelling ala backpacker. Tapi kalau kamu memang ingin berwisata ke luar negeri dan perlu menggunakan pesawat, maka sering-seringlah untuk mengunjungi travel fair untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga diskon. Nah, untuk informasi mengenai transportasi di destinasi tujuan kamu bisa mencari tahu sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Jika kamu pergi ke kota-kota di Indonesia, pilihlah transportasi umum seperti angkutan umum atau menyewa motor harian untuk mengantarkan kamu ke berbagai tempat wisata.

Namun, untuk kamu yang berwisata keluar negeri biasanya transportasi umum seperti kereta bawah tanah dan bus kota akan membantu kamu selama berlibur di destinasi tujuan. Hindari penggunaan taksi online atau taksi konvensional jika budget kamu terbatas, ya

Baca juga:  Kenali Kulit Kering Bersisik dan Dapatkan Solusinya

Untuk mengetahui daerah wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi, maka aplikasi dan peta yang dapat digunakan secara offline akan membantumu selama perjalanan. Sebelum berlibur, sebaiknya kamu mencari tahu aplikasi yang tepat sekaligus bisa menjadi pemandu wisata gratis. Biasanya aplikasi yang dibutuhkan adalah rekomendasi tempat-tempat wisata yang akan kamu kunjungi atau informasi tentang jadwal dan biaya kereta bawah tanah atau transportasi umum lainnya. 

5. Mencoba Makanan Lokal dan Menghindari Belanja Oleh-Oleh

backpacker

Di daerah wisata, tentu ada banyak penduduk lokal yang menyediakan makanan atau minuman khas daerah setempat. Selain harganya yang dijamin lebih murah, dengan menikmati makanan dari pedagang lokal kamu juga bisa bertemu banyak penduduk setempat. Dari situ kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik tentang tradisi atau budaya di sana. Namun, kalau ingin lebih menghemat biaya lagi, kamu juga bisa membawa perbekalan dan makanan kering yang cukup dari rumah. Tujuannya adalah untuk menghindari hasrat ingin jajan.

Hal penting lainnya saat liburan ala backpacker adalah menahan diri untuk belanja oleh-oleh secara berlebihan. Melakukan sebuah perjalanan wisata memang rasanya kurang afdol jika tidak membeli oleh-oleh dari daerah yang sedang dikunjungi. Pernak pernik cantik atau makanan khas daerah tersebut seringkali mengundang keinginan untuk berbelanja bagi para wisatawan. Namun, biasanya harga oleh-oleh yang dijual di kawasan wisata ditawarkan dengan harga yang tidak wajar. Apalagi jika kamu berlibur saat peak season atau masa-masa liburan, maka harganya akan sangat mahal. Jadi, sebaiknya kamu membeli oleh-oleh seperlunya dan beli di pasar tradisional setempat agar harganya lebih murah.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai  travelling murah ala backpacker yang bisa kamu coba praktekkan. Selamat berwisata!

Rishna Maulina

Share