Fenomena Tulisan Bak Truk yang Bikin Gagal Fokus dan Menghibur

Bagi sobat milenial yang sering berkendara motor atau mobil di jalan raya, pasti sangat akrab dan bersahabat dengan segala keramaian lalu lintas. Namun, kadang suasana yang panas dan penat di jalan raya bisa berubah menjadi spesial mana kala ada satu “monster jalanan” melintas dan memiliki tulisan bak truk yang cukup menghibur.

Dengan ukuran yang besar, maka truk ini boleh dibilang sebagai monster jalanan. Nah, yang yang kadang membuat kita serba salah ialah saat berada di belakang truk besar dan tidak bisa mendahuluinya. Namun, ada hal yang membuat sedikit lega dan membuat kita happy, yaitu tulisan di belakang truk yang lucu dan kreatif. Nah, bagi kamu yang suka dengan tulusan-tulisan itu, artikel ini akan membuatmu terhibur karena membahas serba-serbi tulisan di bak truk yang cukup inspiratif dan kreatif.

Ruang Berekspresi

Bak pengangkut barang pada truk ibarat sebuah kanvas yang bisa dilukis atau ditulisi apa saja, yang kemudian membuatnya menjadi ruang berekspresi. Bagi sopir maupun pemilik truk, tulisan bak truk akan selalu menjadi pengingat sederhana selama menjalani penatnya bekerja.

Sopir truk dan kernetnya yang memiliki lingkup pergaulan dan bahasa pergaulan sendiri. Memengaruhi kata-kata atau gambar yang ada pada bak truk, yang sifatnya relevan dengan keseharian mereka.

Menurut Sunu Warsono Dosen FIB UI, keberadaan tulisan-tulisan di bak truk bisa dipandang secara positif. Sunu mengatakan, ungkapan-ungkapan yang ada di bak truk itu juga bisa disamakan dengan kata-kata mutiara atau pepatah. “Barangkali bermanfaat juga untuk orang lain. Menjadi refleksi atas sesuatu,” kata Sunu. Meski, tentu saja, tidak semua tulisan tersebut memiliki makna yang bisa dijadikan refleksi. Sunu mengatakan,  ada juga tulisan yang sifatnya bercanda.

Baca juga:  Mengenang Perjalanan Hidup Sang Burung Merak, WS Rendra

Mungkin pada awalnya tulisan-tulisan itu adalah ungkapan ekspresi dari sang sopir menghadapi tuntutan hidup. Namun, siapa sangka saat ini banyak sekali tulisan tersebut yang bisa menjadi hiburan tersendiri di dalam perjalanan.

Tulisan di bak atau pun di badan truk entah itu di kaca depan merupakan bentuk modifikasi mobil truk ala sopir Indonesia yang patut diapresiasi. Itu semua adalah murni dari pengalaman hidup seorang sopir yang menjalani kehidupan keras di jalan raya.

Beberapa Jenis Tulisan Bak Truk Kreatif

Tulisan Berbau Agama

tulisan berisi nasihat agama, kreatif dan unik
sumber : Tribunnews.com

Biasanya tulisan di bak truk yang berbau agama akan selalu mengajak kita untuk mengingat dosa dan rajin beribadah. Tulisan ini mengajak pembacanya untuk ingat masalah agama ketika di jalan raya. Selain menghibur, tulisan di bak truk yang berbau agama tentunya menjadi ladang pahala bagi pembuatnya.

Kalimat Bernada Sindiran kreatif

kalimat sindiran sederhana dan mengena

Tulisan bak truk bernada sindiran kreatif biasanya di sesuaikan dengan kondisi kekinian. Tulisan tersebut walaupun di buat dengan bahasa sederhana dan kalimat secukupnya namun biasanya sangat mengena. Kamu yang berada di belakang truk tersebut akan setuju begitu saja ketika membacanya.

Tulisan Viral Kekinian

tulisan viral yang sering mengambil kisah dari media sosial
sumber : Blogunik.com

Setiap orang tentunya sudah sangat dekat dengan berbagai media sosial saat ini. Kalimat-kalimat yang viral di media sosial, sangat mudah menyebar di kalangan masyarakat. Begitu juga dengan tulisan bak truk. Tidak jarang di jalan raya kita akan melihat tulisan-tulisan yang berasal dari kata-kata yang telah viral di jagat digital sebagai inspirasinya.

Baca juga:  Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Lulusan ITB Fisika Nuklir

Tulisan Bernada Nasihat

tulisan bak truk bernada nasehat
sumber : Kompasiana.com

Kalau untuk yang satu ini tujuannya jelas baik, untuk sama-sama menghibur dan mengingatkan. Tulisan bak truk bernada nasihat, biasanya membuat kalimat ajakan atau informasi tentang nilai-nilai positif secara sederhana namun mengena.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penulisan

Meskipun tulisan yang diletakkan pada badan truk adalah media ekspresi individual. Namun karena tulisan tersebut akan dibaca oleh banyak orang di jalan, maka ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

  • Dilarang menggunakan kalimat yang vulgar dan tidak pantas, karena tulisan tersebut akan dibaca oleh siapa saja dari semua golongan umur.
  • Tidak disertai gambar vulgar karena bisa membuat pemiliknya terjerat dengan UU no. 44 tahun 2008 tentang pasal pornografi dan dianggap sebagai penyebar konten tidak pantas.
  • Jangan lupa melakukan perubahan status pada STNK kendaraan, jika kendaraan mengalami perubahan warna dan memiliki gambar atau tulisan yang merubah warna aslinya.
  • Jika tulisan maupun gambar adalah milik institusi pemegang hak cipta, maka pemilik truk harus mendapat persetujuan dari institusi tersebut.

Aneka ragam tulisan bak truk semakin hari semakin berkembang. Hal ini tak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi dan media di masyarakat. Kata-kata lucu sopir truk ini adalah hal wajar. Apa yang mereka rasakan dan alami bisa tertuang dalam tulisan tersebut. Ambilah sisi positifnya saja. Jadikan hiburan saat kamu mulai merasakan penatnya perjalanan.