Rekomendasi TV Android Terbaik, Pilih yang Mana?

Selain menggunakan gawai seperti ponsel, laptop, ataupun tablet, kegiatan menonton Youtube atau streaming film kini bisa dilakukan langsung melalui TV. Syaratnya, kamu harus memiliki sebuah smart TV. Sesuai namanya, smart TV adalah “TV pintar” yang berbeda dari TV biasa. Salah satu perbedaan smart TV android terbaik dan TV biasa yang paling signifikan adalah keberadaan koneksi wifi.

Dengan adanya koneksi wifi, kamu bisa terhubung ke internet untuk menikmati streaming film di Netflix, Vidio, iFlix atau Youtube langsung dari TV. Layaknya sebuah ponsel, smart TV juga memiliki user interface. Beberapa jenama smart TV memiliki UI sendiri. Yang menarik, ada juga TV yang menggunakan OS Android. Tidak semua smart TV memiliki harga yang mahal, lho. Berikut 9 rekomendasi TV android terbaik yang bisa kamu miliki dengan harga 2 jutaan.

tv android terbaik
Sumber: Eraspace

9 Rekomendasi TV Android Terbaik

1. TCL 32S62

tv android terbaik
Sumber: Bukalapak

TV Android TCL 32S62 hadir dengan bodi tipis dan berbekal layar berukuran 32 inci. Menjadi bagian dari smart TV dibawah 2 juta, TCL 32S62 menghadirkan berbagai aplikasi hiburan yang bisa diakses secara mudah. Kinerja dari Smart TV TCL 32S62 tidak perlu diragukan karena telah mengadopsi prosesor quad core. Desain smart TV TCL 32S62 tidak kalah dengan jenama lainnya. Bentuknya yang elegan dan slim cukup untuk ditempatkan di ruang keluarga. Bagi kamu yang hobi bermain game, TV android ini juga cukup baik untuk menghadirkan grafis yang maksimal.

2. Mi TV 4A

tv android terbaik
Sumber: Xiaomi

Smart TV Xiaomi ini memiliki kelebihan yang tidak kalah dari produsen televisi lainnya. Pada Xiaomi Mi TV 4A menghadirkan layar HD LED yang menawarkan detail warna yang lebih nyata. Untuk suara mengadopsi speaker 8w x 2 powerful stereo speaker yang lebih kencang dan jelas. Mode drop-down tanpa batas juga menjadi kelebihan.

Dilengkapi pula dengan remote 12 tombol yang canggih membuat aktivitas menonton lebih mudah dan juga nyaman. TV Android Xiaomi ini juga dilengkapi dengan Google voice search yang memudahkan untuk mendapatkan hiburan hanya dengan suara. Dengan segala teknologi yang ada pada Mi TV 4A harga yang ditawarkan termasuk paling murah, hanya 2 jutaan. Bahkan TV Android ini memiliki harga yang lebih murah dari LED TV biasa.

3. TCL 32A3

tv android terbaik
Sumber: TCL

TCL 32A3 hadir dengan layar berukuran 32 inci dan sudah memiliki resolusi FHD. Tentunya akan menawarkan tampilan gambar yang jauh lebih tajam dan detail. Saat menonton juga akan dimanjakan dengan output audio surround 5,1 yang didukung teknologi Dolby. Sumber daya listrik nya juga cukup rendah, hanya membutuhkan daya sebesar 50W saat aktif dan 0.5W saat standby.

Perlu diketahui, TCL 32A3 merupakan smart TV yang sudah berjalan dengan Google Android TV. Jadi bisa digunakan untuk menonton Youtube dan internetan. Tersedia pula TCL TV store versi terbaru yang menawarkan lebih dari 300 aplikasi, termasuk video, sosial media hingga game. Serunya, TV ini juga sudah mendukung siaran digital.

Baca juga:  HP Refurbished: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

4. CooCaa 32S5C

tv android terbaik
Sumber: Insiden24

CooCaa 32S5C menjadi salah satu TV Android murah yang juga sudah mendukung siaran TV digital DVB-T2. Saat ini, harga smart TV ini ada di kisaran 2 jutaan. TV CooCaa berlayar 32 inci berjalan dengan Android 9.0 yang mendukung Google Voice, Netflix hingga YouTube. Layarnya sendiri memiliki resolusi HD 1024×768 pixel.

Dibagian belakangnya terdapat beberapa port seperti port USB 2.0 sebanyak 2 buah serta port HDMI 1.4 yang juga tersedia 2 buah. Pastinya akan memudahkan untuk koneksi dengan perangkat lain. Daya yang dibutuhkan TV digital ini berkisar 60W, masih cukup rendah dan tidak membuat tagihan listrik membengkak. Performanya ditenagai prosesor Mali 470 Triple core.

5. realme Smart TV

tv android terbaik
Sumber: Flipkart

TV Android dari Realme ini hadir dengan dua ukuran, yakni 43 inci dan 32 inci. Masing-masing memiliki tingkat resolusi yang berbeda, untuk ukuran 32 inci (80 cm) memiliki resolusi 1366 x 768 dan FullHD 1920 x 1080 untuk ukuran 43 inci (108cm).Kedua varian ukuran ini menampilkan desain bezel-less, bahkan jauh lebih tipis dari smart TV pada umumnya. Daya tarik dari realme smart TV ada pada fitur Chroma Boost Picture Engine untuk meningkatkan warna dan kecerahan pada layar.

Secara audio, realme Smart TV sudah mendukung 24W Quad Stereo Speakers, dengan dua set speaker terletak di bagian bawah TV. Didukung Dolby Audio untuk menghasilkan suara yang realistis dan nyaman untuk menonton film di Netflix, YouTube, dan lainnya. Selain itu, platform video, musik, film, dan beberapa platform lain pendukung hiburan dapat diunduh melalui PlayStore, dengan lebih dari 5.000 aplikasi tersedia yang dapat digunakan di realme Smart TV.

6. LG 32LM630

Harga TV Android LG 32LM630 memang sedikit lebih mahal tapi sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Untuk tampilan gambar sudah menggunakan teknologi Dynamic Color Enhancer dan mendukung teknologi HDR. Kualitas gambar lebih detail meski resolusi masih sebatas HD 1366 x 768 pixel. Untuk menambah keseruan, ada Virtual Surround Plus dan Dolby Audio untuk suara yang lebih apik.

Menonton siaran TV digital ataupun Youtube-an makin terasa lengkap dengan audio yang jernih. TV digital ini ditenagai prosesor quad core dengan AI Smart serta berjalan dengan sistem operasi webOS. Untuk port, ada 3 port HDMI (1 dibelakang dan 2 di samping) dan 2 USB 2.0 yang semuanya ada di sisi samping.

Baca juga:  Cari HP Gaming Murah? Intip Harga dan Speknya di Sini

7. CooCaa 40S5

tv android terbaik
Sumber: Bukalapak

CooCaa 40S5 adalah Smart TV keluaran produsen asal Jepang. Hadir dengan harga pasaran yang sangat terjangkau, CooCaa 40S5 memiliki performa yang tidak kalah canggih. Termasuk dalam TV Android murah, namun kamu bisa menonton TV dengan kualitas layar 4K dan wide viewing angle yang membuat pengalaman menonton lebih maksimal. CooCaa 40S5 memiliki tipe layar OLED dan memiliki resolusi 3840 x 2160 pixel. Desain yang sangat modern juga menjadi daya tarik dari TV Android ini karena dapat melengkapi ruangan di rumah menjadi lebih istimewa.

8. Samsung UA43 N5500

tv android terbaik
Sumber: Pricebook

Samsung Smart TV UA43 N5500 hadir dalam ukuran layar 43 inci dengan resolusi Full HD 1,920 x 1,080 pixel. Kualitas gambar dari smart TV terbaru dari Samsung ini sudah menggunakan picture engine Hyper Real dan mendukung fitur HDR. TV ini juga sudah mendukung siaran digital dan mudah untuk terhubung ke perangkat lain. Samsung N5500 juga hadir dengan bezel yang cukup tipis sehingga menawarkan sudut yang lebih lapang.

Sementara untuk port, Samsung menyediakannya dengan cukup lengkap. Semua port ditempatkan di bagian belakang, yang mencakup 2 buah port USB, salah satu diantaranya termasuk satu port USB untuk perangkat HDD. Samsung menyediakan layanan digital bernama Remote Support yang memungkinkan pengecekan perangkat Samsung konsumen dari jarak jauh secara real time. Khusus untuk Samsung Smart TV, tersedia Remote Management yang dapat diakses melalui TV dengan panduan agen Contact Center.

9. LG 43UK6300

tv android terbaik
Sumber: Perdana Elektronik

LG menghadirkan TV Android LG 43UK6300. Dengan slogan “resolusi tinggi dengan gambar tajam”, LG 43UK6300 yang merupakan jenis UHD TV menghadirkan resolusi 4 kali lebih baik dibandingkan TV Full HD. Gambar yang dihasilkan lebih jernih. TV UHD LG juga mendukung fitur HDR (High Dynamic Range) yaitu HDR Pro dan HLG Pro. Fitur tersebut membuat detail gambar lebih halus dan warna yang lebih hidup dengan kontras yang lebih luas.

Pada sistemnya, LG 43UK6300 dilengkapi dengan ThinQ Al, Magic Remote, 360 VR Play, dan Magic Zoom yang membuatnya lebih istimewa. Desain LG 43UK6300 lebih slim dengan detail bingkai logam yang modern sangat cocok untuk di taruh pada ruang tamu maupun ruang kerja. Dengan fitur yang canggih dan lengkap, harga TV Android ini tergolong cukup murah dikelasnya. LG 43UK6300 dipasarkan dengan harga sekitar 4 jutaan.

Itulah beberapa daftar rekomendasi TV Android terbaik harga murah yang bisa dibeli. Pilihannya mulai dari smart TV 32 inci hingga smart TV 43 inci. Menonton bersama keluarga pun semakin seru. Jadi mau beli TV Android yang mana?