undertone skin
Sumber: Freepik

5 Cara Identifikasi Undertone Skin Kamu dan Tips Make Up yang Cocok

Mungkin selama ini kamu sedikit kebingungan saat menentukan undertone skin. Dalam masalah ini, tentu kamu tak sendirian. Kamu perlu tahu jika undertone skin itu berbeda-beda, dan sering kali mempengaruhi make up. Skin tones atau warna permukaan kulit, berkisar dari warna yang sangat deep hingga paling cerah. Nah, undertone mengacu pada bayangan yang ada di dalam warna tersebut. Skin tone bisa saja berubah, namun nada dasar kulit ini tidak pernah berubah.

Simak ulasan selengkapnya tentang arti undertone skin, serta cara mudah menentukan nada dasar kulit seperti apa yang kamu miliki: warm, cool, atau neutral?

Apa itu Undertone Skin?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, undertone skin adalah warna dasar kulit yang nampak sebagai bayangan yang ada di dalam skin tone. Warna dasar yang dimiliki setiap orang ini berbeda dan dipengaruhi oleh gen atau keterunan yang membuatnya tidak dapat berubah.

Orang yang memiliki skintone yang sama, bukan berarti memiliki jenis under tone yang sama. Warna dasar kulit ini terdiri dari cool, warm, dan neutral. SIngkatnya, kamu perlu mengidentifikasi dengan tepat apa jenis undertone skin yang kamu miliki agar shade warna make up yang kamu gunakan cocok dengan warna kulit dan tetap natural.

Jenis Warna Dasar Kulit dan Contoh Public Figure

1. Warm (Termasuk Golden, Kuning atau Peachy)

Sumber: instagram.com/shandyaulia

2. Cool (Pink, Merah, atau Kebiruan)

Sumber: instagram.com/sandradewi88

3. Neutral (Campuran Warm dan Cool)

Sumber: instagram.com/ralineshah

Cara Mengidentifikasi Undertone Skin Kamu

1. Memakai T-Shirt Putih

Ambil pakaian seperti t-shirt warna putih bersih atau kamu bisa gunakan hanya selembar kertas putih. Berada di paparan cahaya alami yang terang, dekatkan t-shirt putih atau kertas ke wajahmu. Saat kulitmu terlihat pink atau kemerahan, artinya warna dasar kulitmu adalah cool. Apabila warna kulitmu terlihat lebih kuning, under tone kamu adalah warm. Sementara itu, tampilan wajahmu tidak terlihat kusam, kemungkinan warna dasar kulitmu netral.

Baca juga:  10+ Rahasia Muka Glowing Alami dan Bebas Kusam Setiap Hari, Ampuh!

2. Perhatikan Paparan SInar Matahari pada Kulit

Sumber: Freepik

Coba teliti bagaimana reaksi kulit saat terpapar sinar matahari. Jika kulitmu mudah kecokelatan dan jarang terbakar, kamu memiliki warm undertone. Ketika kulitmu mudah terbakar dan tidak hanya sedikit berubah jadi cokelat, kamu mungkin memiliki tone warna cool. Sementara itu, respon kulit yang terbakar dan kemudian cokelat, kemungkinan warna dasar kulitmu adalah netral.

3. Coba Memakai Perhiasan Emas dan Perak

Cara ini memang subjektif, namun dengan membandingkan tampilan perhiasan emas dan perak terhadap kulit, bisa jadi cara sederhana mengetahui warna dasar kulitmu. Perhiasan emas cenderung paling cocok untuk warna kulit yang warm, sementara perak lebih cocok untuk warna kulit yang cool. Jika kamu tidak membedakan antara emas atau perka, maka kamu mungkin memiliki tone netral. 

4. Periksa Warna Pembuluh Darah

Memeriksa warna pembuluh darah adalah cara yang bagus untuk menentukan undertone skin-mu. Lihatlah pembuluh darah di sekitar area wajah dan leher untuk mengidentifikasi warna dasar kulit. Jika pembuluh terlihat berwarna biru, artinya kamu memiliki cool tone. Pembuluh berwarna hijau (olive) menandakan warm tone. Sementara warna dasar netral adalah campuran dari keduanya.

5. Melihat Warna Mata dan Rambut

Masih kebingungan? Kamu bisa mencoba melihat warna mata dan rambut sebagai cara mudah mengetahui apa undertone kulitmu. Warna mata dan rambut bisa menunjukkan apa warna dasar kulitmu. Sebagai generalisasi, warna kulit yang lebih deep akan memiliki warna rambut dan mata yang lebih hangat. Sementara kulit yang sangat cerah dan mata yang lebih terang, cenderung memiliki undertone skin netral atau cool.

Tips Make Up untuk Undertone Skin

Sumber: Freepik

1. Menentukan Shade Foundation

Saat kamu kesulitan menentukan warna foundation yang cocok, caranya dapat dipermudah dengan mengetahui undertone-mu. Ini akan membantu tampilan riasan wajah menjadi selaras antara warna kulit dengan warna foundation atau base product lainnya.

Baca juga:  6+ Tips Lip Care untuk Cerahkan Bibir secara Alami dan Cepat!

Salah satu tujuan dari shade matching adalah untuk menghindari kesalahan make up seperti wajah menjadi lebih pucat atau jadi abu-abu, sehingga nampak tidak natural. Intinya, untuk foundation, yellow shade hanya cocok dengan warm undertones, dan sebaliknya, cool dan neutral tidak cocok dengan shade bernuansa yellow.

2. Menemukan Best Color Palette sesuai Warna Kulit

  • Very fair: Kulit cerah cenderung neutral atau cool. Cooler-toned shades seperti taupe, beige, dan soft pink sangat cocok untuk tone kulit ini. 
  • Light: Kulit yang cerah namun tidak terlalu cerah, terlihat paling baik dalam nuansa cooler shade yang lebih lembut dan netral, seperti gray atau deep beige.
  • Medium: Warna kulit ini biasanya dapat dipadukan dengan warna yang lebih hangat dan lebih dingin.
  • Olive: Seperti medium, olive tone juga dapat menghasilkan warna yang lebih hangat dan lebih dingin. Maka tambahkan shade yang lebih cerah.
  • Tan: Warna kulit ini terlihat lebih bagus dengan warna yang lebih warm, seperti bronze dan orange.
  • Medium to Dark: Warna kulit bisa berubah warna menjadi lebih cool dan warm,
  • Deep: Warna kulit ini bisa menjadi cool dan warm. Warna menjadi lebih hidup adalah kuci make up yang bagus. 

3. Tentukan Finish dan Coverage yang Diinginkan

Saat shade make up cocok dengan complexion formula, maka pertimbangkan hasil akhir dan jumlah coverage yang diinginkan. Colored pigments ditemukan dalam produk matte, radiant, dan sheer coverage yang semuanya bervariasi. Begitu pula tekstur produknya juga beragam.

Baca juga: Inilah Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mencegah atau Mengatasinya

Mengidentifikasi apa jenis undertone skin kamu sekarang tidak sulit lagi. Kamu bisa mencoba beberapa step di atas atau meminta bantuan temanmu untuk menentukan warna dasar kulitmu. Perhatikan pula tips make up untuk masing-masing jenis undertone yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang make up natural dan flawless!

Share