Vina Muliana (Sumber: Chanelmuslim.com)

Vina Muliana, dari TikTok hingga 30 Under 30 Forbes Asia

Jika kamu sering scrolling media sosial TikTok, mungkin tidak asing dengan nama Vina Muliana. Wanita satu ini populer karena sering membagikan konten berisi tips dan trik tentang cara mendapat pekerjaan. Seperti lowongan pekerjaan, trik membuat resume CV, hingga tips wawancara kerja. Akun TikTok-nya saat ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 6,3 juta.

Awalnya Vina membuat konten dengan alasan untuk membantu orang-orang yang kesulitan mendapat pekerjaan di masa pandemi. Alhasil, dia mendapatkan penghargaan di TikTok Awards Indonesia 2021. Bagaimana ya, profil Vina hingga dia masuk ke dalam daftar 30 Under 30 versi Forbes Asia? Yuk, simak penjelasannya!

Sumber: SOCLyfe

Biografi Vina Muliana

Vina adalah wanita kelahiran 19 Januari 1994 dan telah menikah. Setelah lulus dari Ilmu Pertanian Universitas Padjajaran, ia melanjutkan pendidikan Master di Marketing Communication, London School of Public Relations (LSPR). Vina memulai kariernya sebagai reporter bisnis selama 3,5 tahun. Dari sana, ia belajar banyak hal terkait bidang komunikasi dan public speaking.

Pengalamannya bekerja di bidang yang tidak linier dengan pendidikannya dijadikan motivasi banyak orang untuk tidak patah semangat dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. None Jakarta 2014 ini juga pernah bekerja sebagai asisten Wakil Menteri BUMN 1 dan menjabat sebagai communication specialist di Kementerian BUMN. Saat ini, Vina Muliana bekerja sebagai pegawai BUMN yang menjabat sebagai Senior Associate MIND ID di bidang Culture Measurement & Program Development.

Dari TikTok hingga Forbes

Sumber: Kumparan

Selain menjalani harinya sebagai karyawan BUMN, Vina juga disibukkan dengan pekerjaannya di luar kantor sebagai pembuat konten yang berhubungan dengan persiapan kerja. Berbagai kontennya ini membantu para fresh-graduate dan banyak orang mendapatkan pekerjaan. Video karya Vina pun berhasil diakui sebagai Best of Learning and Education di TikTok Awards Indonesia 2022.

Baca juga:  Mengenal Chef Juna, Calon Pilot yang Menekuni Dunia Kuliner

Pada 27 Mei 2022, Vina membuat cuitan di Twitter yang memberitahu bahwa ia masuk ke dalam daftar 30 orang yang berpengaruh dan berusia di bawah 30 tahun, atau yang disebut dengan 30 Under 30 versi majalah Forbes Asia. Vina berada dalam jajaran 30 Under 30 bersama dengan 29 orang lainnya yang berkecimpung di bidang Media, Marketing, and Advertising. Seperti Cyber Bunny, Annette Lee, dan Niharika NM.

Itulah informasi lengkap mengenai Vina Muliana. Menjadi pembuat konten di sosial media tidak hanya asal-asalan membuat konten. Kamu juga memerlukan strategi yang dibutuhkan oleh warganet di dunia maya agar dapat menginspirasi banyak orang. Cara dari Vina bisa kita tiru, terutama dari kreativitasnya membuat konten video.

Mia Atika

Add comment

Share