7 Sumber Vitamin Penambah Stamina yang Baik untuk Tubuh

Gampang lelah meski sudah cukup tidur? Bisa jadi ini tanda kamu sedang kekurangan energi. Jika begini, minum kopi di pagi hari tidak lagi cukup untuk memulihkan stamina. Kamu butuh mengonsumsi makanan yang memuat vitamin penambah stamina agar badan bugar seharian.

Energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas berasal dari makanan. Keliru memilih makanan justru bisa membuat badan makin lesu atau bahkan sakit-sakitan. Lantas, makanan apa yang sebaiknya kamu konsumsi? Yuk, simak 7 sumber vitamin penambah stamina berikut.

vitamin penambah stamina
Sumber: iStockPhoto

Vitamin Penambah Stamina

1. Vitamin C

Vitamin C sendiri berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang berpotensi menjadi patogen pembawa penyakit. Sedangkan ketika dikombinasikan dengan nutrisi lain, vitamin C menjadi penyusun pembentukan kolagen. Dengan produksi kolagen yang cukup, otot dan sendi akan lebih kuat dan lebih cepat diperbaiki. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 75-90 mg vitamin C setiap hari, bahkan lebih banyak 30 mg bagi perempuan hamil dan menyusui serta perokok. Beberapa makanan yang tinggi akan vitamin C adalah jambu biji, jeruk, stroberi, brokoli, paprika, serta buah dan sayur dengan warna cerah lainnya.

2. Vitamin B Kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B8, B9, B12)

Meski terdiri dari 8 jenis, secara umum vitamin B kompleks saling mendukung proses metabolisme, yaitu rangkaian untuk mengubah makanan menjadi energi. Memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks berarti mendukung proses produksi energi dan menjaga stamina sepanjang hari. Bahkan vitamin B12 mampu menjaga sel darah dan saraf tetap sehat. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B kompleks adalah bahan pangan hewani, biji-bijian, hingga sayuran hijau.

3. Zat Besi

vitamin penambah stamina
Sumber: iStockPhoto

Zat besi atau iron merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah sekaligus dalam memproduksi energi. Dengan sel darah merah yang cukup maka asupan oksigen untuk otot, otak, dan organ tubuh lain menjadi lebih lancar. Kekurangan zat besi bisa memicu anemia dan gejalanya dimulai dari lemah, letih, dan tidak berenergi. Setiap orang membutuhkan setidaknya 17 mg zat besi setiap hari. Makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi adalah daging merah, ayam, telur, seafood, dan lain-lain.

Baca juga:  Psikologi Warna: Cari Tahu Arti Warna Favoritmu di Sini

4. Magnesium

Mineral berikutnya adalah magnesium, mikronutrien yang mendukung fungsi otot dan sistem saraf. Selain itu, magnesium juga berperan penting dalam terjadinya komunikasi antar jaringan dan organ dalam tubuh. Beberapa gejala kekurangan magnesium adalah kelelahan, kehilangan nafsu makan, hingga kram dan mual. Contoh makanan tinggi magnesium adalah sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, susu, dan yogurt.

5. Zinc

Zinc berinteraksi dengan banyak enzim sehingga membentuk sistem antioksidan yang kuat. Selain itu, zinc juga sangat krusial dalam pembentukan energi melalui metabolisme. Sehingga mineral ini populer bagi para atlet untuk mempertahankan stamina dan mencegah gangguan fungsi otot. Beberapa makanan tinggi zinc adalah daging, biji-bijian, kacang-kacangan, produk olahan susu, dan masih banyak lagi lainnya.

7 Sumber Vitamin Penambah Stamina

1. Ubi Jalar

Mengonsumsi ubi jalar tak hanya menambah stamina, tapi juga membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama. Kerabat kentang yang satu ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama mangan dan vitamin A. Mangan berperan penting dalam proses perubahan karbohidrat menjadi energi.

2. Salmon dan Tuna

Salmon dan tuna merupakan sumber vitamin B12 dan folat. Vitamin B12 bekerja sama dengan folat meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu kerja zat besi dalam tubuh. Sel darah merah sehat yang mengandung cukup zat besi dapat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh secara optimal. Bila tubuh mendapatkan oksigen yang cukup, hal ini bisa mengurangi rasa lelah dan menambah energi.

Baca juga:  Kenali 9 Tanda Tubuh Butuh Detox, Begini Cara Mudah Melakukannya!

3. Pisang

Pisang merupakan sumber yang baik dari karbohidrat kompleks, vitamin B6, dan kalium. Kandungan tersebut merupakan zat gizi yang berperan penting dalam proses pembentukan energi. Kandungan seratnya yang tinggi juga menjadikan pisang sebagai salah satu makanan yang paling mengenyangkan. Coba tambahkan pisang ke dalam menu sarapan, Anda akan tahan beraktivitas hingga siang hari tanpa merasa terlalu lapar.

4. Telur

vitamin penambah stamina
Sumber: iStockPhoto

Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang memberikan tubuh energi sepanjang hari. Manfaat tersebut berasal dari leusin, yakni sejenis asam amino yang mampu mendorong produksi energi dalam sel tubuh. Leusin bekerja dengan cara mempercepat pemecahan lemak untuk menjadi energi dan membantu sel tubuh menyerap gula. Berkat keunggulan tersebut, tak heran bila telur merupakan salah satu makanan penambah stamina yang sangat menyehatkan.

5. Otalmeal

Oatmeal mengandung beta glukan, yakni serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Saat mengonsumsi oatmeal, serat di dalamnya akan bergerak melewati saluran cerna dan membentuk gel. Gel ini bertahan dalam usus dan memberikan rasa kenyang. Olahan gandum yang satu ini juga mengandung banyak zat besi, mangan, dan vitamin B kompleks. Ketiganya merupakan zat gizi mikro yang berperan penting dalam proses pembentukan energi.

6. Kacang-kacangan

Secara alamiah, sumber vitamin penambah stamina ini mengandung banyak kalori sehingga cocok menjadi makanan penambah energi. Kendati tinggi kalori, kacang-kacangan juga mengandung zat gizi esensial seperti protein, karbohidrat, dan lemak menyehatkan. Beberapa jenis kacang juga kaya akan zat besi, vitamin B kompleks, vitamin E, dan mangan. Berbagai zat gizi tersebut dapat membantu meningkatkan stamina sehingga mengurangi rasa lelah dan kantuk.

7. Sayuran Hijau

Makanan penambah stamina tidak melulu harus berbentuk padat seperti ubi atau nasi. Sayuran hijau pun dapat menjaga kebugaran tubuh berkat kandungan zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan berbagai vitaminnya. Selain itu, sayuran hijau mampu meningkatkan pembentukan oksida nitrat dalam tubuh.

Nah, itulah 5 vitamin dan 7 sumber penambah stamina. Selain melalui makanan, kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi multivitamin agar konsumsi harian vitamin dalam tubuh selalu tercukupi.