5 Jenis Vitamin Rambut untuk Rambut Kering Jadi Sehat dan Berkilau

Rambut yang sehat, berkilau, dan terhidrasi tidak cukup hanya menggunakan shampo dan kondisioner yang bagus. Vitamin rambut juga diperlukan untuk merawat rambutmu yang kering dan rentan rontok. Kandungan baik dalam vitamin rambut untuk rambut kering berasal dari bahan-bahan alami yang menutrisi serta mendukung pertumbuhan rambut. Sebelum mengaplikasikan jenis vitamin rambut apapun ke dalam hair care routine, yuk simak daftar vitamin rambut untuk rambut kering semakin sehat dan terawat. 

Apa Penyebab Rambut Kering dan Kusut?

Memang penyebab rambut kering bisa berbeda setiap orang berdasarkan beberapa faktor. Faktor eksternal dapat meliputi pengaruh cuaca, seberapa sering keramas (keramas berlebihan dapat menghilangkan minyak alami rambut), hingga penggunaan produk perawatan kimia. 

Sedangkan faktor internal yang menyebabkan rambut kering tergantung pada makanan yang kamu konsumsi. Rambut kusut dan terasa kering disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, mengonsumsi alkohol, merokok, hingga dehidrasi. 

Tahukah kamu bahwa vitamin dan mineral juga berperan dalam kesehatan rambut. Nah, jika kamu kekurangan asupan vitamin untuk rambut, bisa jadi kondisi ini menjadi penyebab rambutmu kering dan mengalami kerontokan. Untuk mendapatkan vitamin rambut untuk rambut kering, kamu bisa mendapatkannya langsung dari sumber alaminya maupun memakai produk hair care yang menghidrasi rambut dan kulit kepala.

Jenis Vitamin Rambut untuk Rambut Kering

1. Vitamin C

Semua jenis rambut, terutama rambut kusam dan rentan patah, dapat memperoleh manfaat baik dari vitamin C. Manfaat utama dari vitamin rambut untuk rambut kering ini mampu menetralkan kerusakan akibat radikal bebas akibat paparan sinar UV. Vitamin ini juga membantu produksi kolagen di kulit kepala dan rambut, yang membantu memperkuat rambut serta meningkatkan kilau. 

Baca juga:  Kuncinya Konsisten, Ini 14 Cara Glow Up dari Dalam dan Luar yang Efektif

Dalam perawatan rambut, vitamin C dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti vitamin E dan pelembab rambut. Untuk mencegah kerusakan rambut lebih lanjut, hindari pemakaian vitamin C bersama AHA, BHA atau bahan alkalin.

2. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan terbaik untuk merawat kulit kepala serta berperan melembapkan rambut. Oleskan vitamin E oil ke rambut dan kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut serta meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Adapun sumber makanan yang kaya vitamin E seperti sayuran hijau, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Biotin

Biotin adalah bagian dari vitamin B esensial yang mendukung dalam pertumbuhan rambut dan kuku. Saat kekurangan biotin dalam tubuh, kamu dapat mengalami kondisi kulit kepala dan rambut kering. Untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat, kamu memerlukan biotin yang juga mendorong produksi keratin untuk rambut. 

vitamin rambut untuk rambut kering

4. Zinc

Zinc atau zat besi dikenal bagus untuk meningkatkan reproduksi sel dalam tubuh serta membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Zat besi juga mendukung kelenjar minyak yang menjaga rambut tetap lembut dan lembab. Nah, zat besi terkandung dalam salah satu makanan favorit semua orang, yaitu coklat!

5. Omega 3

Asam lemak ini menyeimbangkan minyak alami pada kulit kepala sehingga membuat rambut tetap kuat dan berkilau. Bahan alami yang dibutuhkan tubuh ini dapat membantu merawat rambut kering dan rusak dengan menambah elastisitas dan kilau pada rambut kusam. 

Baca juga:  Sandalwood Jadi Aroma Parfum Paling Enak, Buktikan!

Kamu bisa mengonsumsi Omega 3 langsung dari sumber alaminya, seperti ikan salmon dan mackerel. Omega 3 juga bisa didapatkan dari kenari, biji rami, dan buah alpukat. 

Rekomendasi Produk Vitamin Rambut untuk Rambut Kering

Ellips Hair Vitamin Hair Vitality

vitamin rambut untuk rambut kering
Sumber: Tokopedia Ellipshair.id

Rekomendasi pertama produk vitamin rambut yang bagus adalah Ellips Hair Vitamin Hair Vitality. Dipercaya mampu merawat dan menjaga rambut tetap sehat dengan formula moroccan oil. Selain itu, diperkaya dengan kandungan ginseng dan honey oil untuk merawat rambut yang rapuh. Gunakan 1 butir kapsul vitamin Ellips setiap selesai keramas. Hasilnya rambut tetap lembap, lembut, dan terhidrasi maksimal. 

1. Setelah mandi, saat rambut masih lembab, ambil satu kapsul Ellips Hair Vitamin.

2. Buka dan tuang isinya ke telapak tangan.

3. Oleskan cairan vitamin secara merata pada helai rambut. Jangan oleskan ke kulit kepala.

4. Biarkan hingga kering dan rambut tidak perlu dicuci. Tata rambut seperti biasa.

L’Oreal Paris Extraordinary Oil Gold

vitamin hair oil
Sumber: loreal-paris.co.id

Selain produk shamponya yang terkenal, L’Oreal Paris juga memiliki produk hair vitamin untuk semua jenis rambut yang disukai banyak orang. Tekstur cairannya yang berwarna keemasan mudah menyerap ke rambut sehingga menutrisi lebih mendalam. 

Cara memakainya cukup mudah, setelah keramas, tuangkan 3-4 tetes vitamin ke telapak tangan. Kemudian ratakan vitamin oil ke setiap helai rambut secara merata. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang lembab, kuat, dan berkilau. Wangi ekstrak bunganya semakin membuat kamu tampil percaya diri dengan rambut yang sehat.

Baca juga: Tuntaskan Kulit Kepala Berjamur dengan 7 Cara Efektif Atasinya

Kini kamu tak perlu lagi ragu-ragu memasukkan vitamin rambut untuk rambut kering sebagai salah satu hair care routine. Pastikan rambutmu ternutrisi baik dari luar dan dalam dengan asupan vitamin yang tepat serta hindari bahan-bahan kimiawi yang merusak rambut. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!