Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Atasi Badan Sakit Semua

Tak sedikit orang yang mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk mengatasi badan sakit semua. Konsumsi suplemen atau vitamin tersebut ternyata juga dapat membantu mengendurkan otot yang kaku, termasuk setelah olahraga atau aktivitas berat. Lantas, apa saja vitamin untuk badan sakit semua yang juga dapat membantu mengurangi rasa pegal pada tubuh? Simak informasi lengkapnya di bawah ini sampai akhir, yuk!

Seseorang yang terserang gejala badan sakit semua biasanya akan merasakan tubuh menjadi tidak nyaman, dan jika hal ini berlarut maka akan mempermudah masuknya bakteri hingga virus melalui udara karena pada kondisi tersebut seseorang akan mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Gejala badan sakit semua paling banyak diderita oleh orang dewasa, namun juga tidak menutup kemungkinan anak anak juga bisa mengalaminya. Beberapa gejala yang sering muncul di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tubuh terasa pegal dan linu.
  • Otot terasa kaku dan nyeri.
  • Mudah terserang flu.
  • Nafsu makan menjadi berkurang.
  • Tubuh terasa sangat kelelahan (Chronic spastic syndrome).
  • Persendian terasa nyeri.
  • Sangat mudah mengantuk.
  • Mudah kehilangan konsentrasi.

Kenali Penyebab Badan Sakit Semua

vitamin untuk badan sakit semua
Sumber: Freepik

Jika kamu mengalami badan sakit semua, sebelum memutuskan untuk konsumsi vitamin tertentu, kenali dulu apa saja penyebabnya. Penyebab badan sakit semua yang paling umum adalah sebagai berikut:

1. Menjalani Aktivitas Berat

Aktivitas berat yang mengandalkan kekuatan otot tangan ataupun kaki dapat menjadi penyebab paling utama munculnya gejala badan sakit semua. Pada saat tubuh terus menerus bergerak, maka akan mempengaruhi kualitas otot dan saraf tubuh, di mana pada kondisi tertentu otot dan saraf menerima beban untuk terus bergerak. Kondisi ini akan mempermudah otot dan saraf terserang kelelahan, cedera, dan menyebabkan badan terasa pegal, hingga nyeri dan kaku.

2. Olahraga yang Berlebihan

Olahraga yang terlalu lama dan berlebihan atau tidak disesuaikan dengan kondisi tubuh tentunya dapat mencederai otot dan saraf saraf pada tubuh, sehingga dalam kondisi yang sangat capek pada saat itulah otot akan menderita kaku, tegang nyeri, dan persendian ikut sakit.

Baca juga:  Daftar 11 Film Batman, Sudah Nonton yang Mana?

3. Minim Aktivitas Fisik atau Kurang Gerak

Tubuh yang kurang bergerak, misalnya terlalu lama duduk didepan layar komputer atau televisi juga dapat menyebabkan peredaran darah tidak lancar, otot kaku, persendian nyeri dan saraf saraf tubuh tidak berkembang. Sehingga akibatnya muncullah gejala badan sakit semua.

4. Konsumsi Obat-obatan

Pengaruh penggunaan obat obatan jangka panjang tanpa resep dokter misalnya jenis obat statin, Mampu mempengaruhi kekuatan otot dan menurunkan kualitas fungsi saraf seluruh tubuh, Akibatnya tubuh akan terserang pegal, Linu dan nyeri.

5. Adanya Gangguan Psikologis

Seseorang yang terus menerus mengalami ketidakstabilan emosi ataupun stres juga dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah, memblokir oksigen masuk dalam tubuh dan meningkatkan jumlah racun dalam tubuh. Sehingga, kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan saraf, otot, persendian dan sistem pernafasan. Kondisi ini juga dapat menyebabkan seseorang terkena gejala badan sakit semua yang muncul secara berulang.

6. Faktor Usia

Usia yang terlalu tua cenderung akan mengalami gejala badan sakit semua, sebab pada usia di atas 50 tahun daya tahan tubuh secara alami akan mudah mengalami penurunan, otot tidak sekuat dulu dan saraf serta persendian yang ada pada tubuh mengalami penurunan fungsi. Kondisi ini dapat menjadi penyebab paling dasar munculnya gejala badan sakit semua pada usia lanjut.

Apa Saja Vitamin untuk Badan Sakit Semua?

vitamin untuk badan sakit semua
Sumber: Freepik

Terdapat beberapa jenis vitamin untuk badan sakit semua yang bisa dikonsumsi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Vitamin C

Selain dapat menguatkan kekebalan tubuh, pada saat seseorang kekurangan vitamin C, maka tubuh akan mengalami kelelahan dan kemudian lemas. Saat tubuh kekurangan vitamin C, pada umumnya akan menyebabkan gusi berdarah dan kerusakan gigi.

Selain itu, ternyata gejala seperti nyeri betis dan sendi yang membengkak juga akan terjadi saat tubuh kekurangan vitamin C. Tidak hanya itu saja, bahkan kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan anemia, karena vitamin C berfungsi menyerap zat besi dalam tubuh.

Zat besi memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh dan jika kebutuhannya tidak terpenuhi, maka kamu akan merasakan kecapekan. Karena hal ini, maka kamu harus mengonsumsi suplemen supaya tidak gampang capek yang tentunya mengandung asupan vitamin C.

Baca juga:  Cara Jualan di TikTok dan 8 Tips Jitu Maksimalkan Penjualannya!

2. Vitamin B1

Selain vitamin C, ada pula vitamin B1 untuk mengatasi kaki pegal dan capek. Vitamin ini akan bekerja langsung pada otot, sehingga jika konsumsi vitamin B1 tidak mencukupi, maka kamu akan merasakan gejala utamanya yaitu kecapekan.

Kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan gangguan pada otot, khususnya kerusakan otot lurik di mana otot ini adalah otot yang digunakan anggota tubuh untuk menopang pergerakan tubuh. Selain itu, ditemukan juga bahwa orang yang memiliki kelainan distrofi miotonik juga cenderung kekurangan vitamin B1, di mana kelainan ini umumnya ditandai dengan kelemahan otot progresif atau terjadi secara berkelanjutan.

3. Vitamin B3

Slama ini mungkin kamu mengenal vitamin B3 sebagai nutrisi yang berguna untuk perawatan kulit. Ternyata vitamin B3 ini juga mampu menghilangkan capek dan pegal, termasuk pegal pada kaki. Hal ini karena vitamin B3 ternyata mampu mengolah asupan karbohidrat, lemak, dan juga protein menjadi energi. Dengan jumlah energi yang cukup, maka tentunya kamu akan terhindar dari rasa lelah.

Vitamin B3 juga sangat berperan untuk membantu menangani masalah persendian. Nyeri sendi akibat peradangan juga bisa berkurang berkat asupan vitamin B3 yang tepat. Dengan begini, sendi pun akan menjadi lebih aktif dan fleksibel.

4. Vitamin B6

Suplemen atau vitamin untuk badan sakit semua yang perlu dikonsumsi berikutnya adalah vitamin B6. Vitamin B6 ini sangat erat kaitannya dengan anemia. Vitamin B6 sebagai vitamin untuk badan sakit semua biasanya hadir dalam bentuk pyridoxal 5′ phosphate, di mana senyawa ini nyatanya telah terbukti membantu produksi hemoglobin pada tubuh.

Bagi orang dengan anemia defisiensi hemoglobin, maka akan merasakan gejala letih dan pusing, padahal hemoglobin sangat dibutuhkan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh, termasuk kaki.

5. Vitamin B12

Selain itu, kamu juga perlu konsumsi vitamin B12 sebagai vitamin untuk badan sakit semua. Ini karena beberapa masalah, seperti badan sakit semua juga kerap disebabkan oleh gangguan pada saraf pada tubuh. Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kesemutan dan gangguan keseimbangan tubuh.

Saat kamu mengalami kekurangan B12, maka otot akan menjadi lemah dan refleks gerak menjadi berkurang. Di sisi lain, kekurangan vitamin B12 ini juga akan menyebabkan otot malah menegang. Ketika otot menegang, maka hal ini akan membuat area tubuh seperti kaku dan menjadi pegal. Sementara otot yang lemah merupakan tanda kelelahan. Jadi, kamu perlu mengonsumsi suplemen supaya tidak gampang capek yang memiliki kandungan vitamin B12 di dalamnya untuk mencegah badan sakit semua.