Pengertian dan 6 Keuntungan Menggunakan WA Blast untuk Bisnis

Selain bertujuan untuk mengirim chat pribadi, WhatsApp juga bisa digunakan bagi mereka yang memiliki bisnis. Para pebisnis bisa memanfaatkan WhatsApp Business dengan berbagai fitur seperti WhatsApp Blast dan WhatsApp Broadcast.  Namun ternyata, hingga saat ini masih banyak yang salah dalam mengartikan istilah WhatsApp Blast dan WhatsApp Broadcast, terutama bagi mereka yang baru saja menggunakan Whatsapp Business. WA Blast dan WA Broadcast ini memang memiliki fungsi utama yang sama yaitu untuk mengirimkan pesan dalam jumlah yang banyak.

WA Blast/ Broadcast adalah fitur asli yang dikelola oleh WhatsApp sendiri, dengan batas pengiriman yang hanya 256 kontak saja. Untuk mengirim pesan massal dengan WA Blast/ Broadcast, Anda perlu menyimpan nomor tujuan dalam kontak. Sementara itu, WA Blast adalah fitur yang didapatkan melalui Whatsapp API dari pihak ketiga. Fitur yang ditawarkan dari WhatsApp Blast ini bisa dikatakan lebih unggul dibandingkankan dengan Whatsapp Broadcast, lho! Pasalnya, Anda bisa menyebarkan pesan dengan kontak yang tidak terbatas dan tanpa harus menyimpan nomor penerima di kontak. Selain itu, cara yang satu  ini juga akan memudahkan aktivitas marketing menjadi lebih efisien.

6 Keuntungan Menggunakan WA Blast untuk Bisnis

wa blast

Supaya semakin memahami apa itu WA Blast, langsung saja simak sederet keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan fitur WA Blast.

1. Pesan dapat Dikirim ke Kontak yang Lebih Banyak

Keuntungan menggunakan WhatsApp Blast untuk promosi bisnis adalah dapat mengirimkan pesan ke kontak yang lebih banyak. Mengirimkan pesan menggunakan WhatsApp Blast tidak dibatasi oleh jumlah kontak, berbeda dengan WhatsApp Broadcast yang terbatas pada 256 kontak saja. Selain itu, sebagai pebisnis kamu juga tidak perlu menyimpan nomor kontak orang yang ingin dikirimi pesan. Sebab, kamu bisa mengirimkan pesan ke kontak yang sudah pernah melakukan interaksi sebelumnya, atau dengan membuat daftar nomor yang ingin dikirimi pesan.

Baca juga:  Mengenal 4 Jenis Bisnis Franchise Paling Laku

2. Dijamin Lebih Tepat Sasaran

Pesan promosi WA Blast hanya dapat dilakukan atau ditawarkan ke kontak yang pernah mengetahui bisnis kamu saja. Karena mengirim WA Blast tidak terbatas pada kontak yang disimpan, namun juga kepada nomor yang pernah berinteraksi dengan bisnis kamu. Maka itu artinya, promosi bisa sampai tepat pada sasaran atau kepada orang yang sebelumnya juga sudah mengetahui produk yang kamu tawarkan dan jual.

3. Isi Pesan Lebih Personal 

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari fitur WhatsApp Blast ini adalah isi pesan yang dapat dipersonalisasi dengan menyebut nama kontak. Tentunya, hal ini akan meninggalkan kesan yang lebih akrab dengan penerima. Kamu bisa personalisasi pesan sedemikian rupa dengan teks, emoji, atau bahkan grafik file.

Adanya kesan akrab dan personal ini tentunya akan membuat konsumen nyaman untuk melakukan transaksi atau pembelian barang yang kamu jual. Kemudian nantinya, hal ini akan meningkatkan penjualan produk. Tidak hanya itu, pesan yang lebih personal juga akan membangun kesan bahwa pelayanan bisnismu dinilai baik dan ramah.

4. Bisa Menjelajahi Pasar Baru yang Belum Dikenal Sebelumnya

Keuntungan lain yang juga sangat bagus dari fitur WhatsApp Blast adalah memungkinkan kamu untuk menyebarkan pesan ke pasar baru atau pasar yang belum dikenal sebelumnya. Misalnya, kamu bisa menyebarkan teks dan gambar sebagai selebaran ke kontak yang tidak dikenal. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kesadaran pengguna terhadap bisnis kamu dengan read-rate 90% pada pesan Whatsapp yang kamu kirimkan. Menarik untuk dicoba, bukan?

5. Keinginan dan Feedback dari Pelanggan dapat Diketahui secara Langsung

Dalam dunia bisnis, feedback atau umpan balik dari pelanggan adalah hal yang sangat penting. Sebab, feedback dari pelanggan dapat membuat bisnis menjadi lebih baik. Menyampaikan pesan promosi bisnis melalui WhatsApp Blast akan membuat pelaku bisnis bisa mengetahui keinginan dan feedback dari konsumen. Pasalnya, pesan yang dikirimkan lebih personal dan membuat kamu sebagai pebisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan lebih akrab dan menambah wawasan bisnis, hingga akhirnya akan membantu meningkatkan penjualan bisnis.

Baca juga:  Apa Pentingnya Verifikasi Data? Cermati Contoh Penerapannya pada Aplikasi Keuangan

6. Closing Produk Lebih Tinggi

Bicara soal penjualan bisnis, ada istilah yang disebut dengan closing yang merupakan akhir proses penjualan dari promosi yang dilakukan. Closing ini adalah pada saat ada konsumen atau pembeli yang tertarik dan melakukan transaksi pembelian produk. Keuntungan dari melakukan promosi dengan menggunakan WhatsApp Blast adalah closing produk yang tinggi. Tingginya closing produk ini tentunya dapat terjadi karena promosi yang dilakukan lewat WhatsApp Blast dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

Cara Menggunakan WA Blast

wa blast

WhatsApp Blast dianggap lebih menguntungkan dan lebih mudah digunakan untuk melakukan promosi dibandingkan dengan WhatsApp Broadcast. Namun, para pebisnis harus mengetahui cara menggunakan WhatsApp Blast, karena fitur dan aplikasi WA Blast ini merupakan fitur yang dibuat oleh pihak ketiga. Itu artinya, WA Blast bukan merupakan fitur dan aplikasi resmi dari WhatsApp. Berikut ini adalah cara untuk menggunakan WhatsApp Blast yang wajib kamu perhatikan:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menggunakan fitur WA Blast adalah mendaftarkan nomor yang aktif di WhatsApp. Setelah itu, silakan pilih salah satu Official Business Partner WhatsApp untuk mendaftarkan Whatsapp Business API.
  • Setelah itu, silakan pilih satu nomor WhatsApp yang diaktifkan untuk menjadi nomor bisnis. Perlu diingat bahwa nomor ini tidak dapat diganti dan nomor inilah yang akan memperoleh verified badge atau centang hijau sebagai tanda resmi bisnis.
  • Kemudian, kamu perlu melengkapi profil bisnis pada WhatsApp dengan data yang sesuai dan usahakan terlihat professional.
  • Setelah akun terverifikasi menjadi WhatsApp API, itu artinya kamu sudah bisa mulai menggunakan WhatsApp Blast dengan cara masuk ke Official Business Partner yang sudah kamu pilih sebelumnya. Lalu, kamu bisa membuat daftar nomor yang akan kirimi pesan blast.

Cara menggunakan WA Blast cukup mudah untuk dipahami, bukan? Selamat mencoba! Memang ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika mau memaksimalkan semua tools di era serba teknologi seperti sekarang ini. Jadi, pastikan kamu selalu update informasi terbaru, ya!