wajah gatal

Wajah Gatal dan Kering? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Masalah wajah gatal tentu pernah dialami semua orang tanpa tahu apa penyebabnya. Wajah terasa gatal adalah kondisi kulit yang umum terjadi, namun beberapa kasus ada yang parah atau terus-menerus. Umumnya, penyebab wajah gatal (itchy face) atau pruritus adalah kondisi kulit kering seperti eksim dan psoriasis. Artikel ini akan melihat apa saja penyebab pruritus di wajah, cara mengatasi gatal di wajah, serta rekomendasi produk skincare yang cocok untuk kamu gunakan.

Apa Penyebab Wajah Terasa Gatal?

1. Kulit Kering

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit kering yang menyebabkan pruritus atau wajah gatal. Penyebab kulit kering bisa termasuk terlalu sering mencuci wajah, paparan bahan kimia yang keras, dan kelembaban udara yang rendah. 

Untuk mencegah kulitmu gatal karena kurangnya hidrasi kulit, oleskan produk pelembab untuk meringankan rasa gatal dan meningkatkan kandungan air dalam kulit. Pilih jenis pelembab oklusif mengandung petrolatum yang mencegah air hilang dari kulit dengan memperkuat skin barrier. Sedangkan formula humectant, seperti urea, glycolic acid, dan lactic acid, bekerja mengikat air untuk menghidrasi kulit.

2. Penuaan

Pruritus juga sering dialami oleh orang dewasa yang mulai mengalami penuaan. Seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan tingkat pH tubuh dan menurunnya kemampuan kulit untuk menahan air. Nah, saat kulit tidak menahan kelembaban secara optimal dan menjadi lebih tipis, akibatnya kulit menjadi kering dan gatal. Tenang saja, melembabkan kulit adalah cara untuk meredakan rasa gatal pada wajah karena penuaan.

Baca juga:  Samarkan Bintik Bintik di Wajah dengan 5 Cara Alami

3. Gigitan Serangga

Kamu bisa mengalami pruritus di wajah akibat gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, semut, dan lain sebagainya. Biasanya, rasa gatal karena gigitan nyamuk bisa hilang dengan sendirinya. Namun kamu perlu berhati-hati karena gigitan serangga lain seperti kutu dapat merusak kulit.

Jika kamu mengalami kondisi ini, redakan dengan obat pereda nyeri dan kompres dengan air dingin.

4. Kondisi Kulit Tertentu

Masalah wajah gatal bisa disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi kulit tertentu yang kamu alami, seperti:

  • Cacar air yang merupakan penyakit virus menular.
  • Folikulitis, kondisi yang menyebabkan folikel rambut meradang.
  • Eksim, yaitu kondisi kulit menjadi gatal, merah, pecah-pecah, dan meradang.
  • Gatal-gatal karena reaksi alergi yang memunculkan benjolan bengkak di kulit.
  • Dermatitis seboroik, yaitu kondisi kulit kepala yang terinfeksi jamur herpes zoster atau kurap.
wajah gatal

Cara Jitu Mengatasi Wajah Gatal

Setelah mengetahui apa penyebab wajahmu tiba-tiba terasa gatal dan bikin nggak nyaman, segera atasi dengan perawatan kulit yang tepat.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Jika wajahmu selalu terasa gatal, langkah perawatan dasar yang penting dilakukan adalah melembabkan kulit secara teratur. Kondisi kulit kering yang terus-menerus dapat mengganggu skin barrier. Kamu perlu rutin mengoleskan pelembab wajah yang menutrisi setidaknya dua kali sehari. Pilih pelembab dengan kandungan ceramide dan lipid untuk menghidrasi secara intens sehingga kulit terasa kenyal.

2. Hindari Produk Skincare dengan Bahan Kimia yang Keras

Sebelum memakai produk skincare, pastikan kamu selalu membaca komposisi bahan-bahannya. Hindari bahan-bahan yang bersifat mengiritasi, seperti SLS, wewangian, dan alkohol. Jika produk skincare yang kamu aplikasikan mengandung bahan kimia yang keras, dampaknya akan merusak kulit. 

Bahan-bahan yang keras dapat mengganggu keseimbangan pH kulit sehingga kulit menjadi super kering dan gatal. Selain itu, hindari pemakaian scrub atau exfoliator apapun jika kulit wajah terasa gatal agar tidak semakin parah kondisinya.

Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Cantikmu, Buktikan!
wajah gatal

3. Kelola Stress dengan Baik

Stress hanya membuat kondisi kulit yang gatal semakin parah dan tak kunjung mereda. Mengapa hal ini dapat terjadi? Kondisi stress dapat mengganggu keseimbangan hormon yang menyebabkan wajah gatal. Untuk itu, kelola stress dengan baik dengan melakukan aktivitas relaksasi setiap harinya. Luangkan waktumu untuk bersantai, berolahraga, atau aktivitas menyenangkan lainnya. 

4. Oleskan Krim Penenang 

Jika wajah gatal tak kunjung mereda, kamu bisa mencoba mengoleskan krim penenang yang dijual bebas. Contohnya adalah krim penenang antihistamin yang digunakan untuk menghilangkan rasa gatal akibat debu, alergi, bulu binatang, dan lain-lain. Untuk lebih amannya, konsultasikan dengan dokter kulit.

wajah gatal

5. Jaga Kulit Tetap Terhidrasi

Menjaga kelembaban kulit sangat penting, bukan? Mengoleskan pelembab wajah saja tidak cukup untuk menenangkan kulit yang kering dan gatal. Jagalah hidrasi kulit dengan minum banyak air putih. Memenuhi asupan air yang cukup tidak hanya membuat kulit lembut dan glowing, namun juga mengeluarkan racun dari tubuh untuk mengurangi reaksi alergi yang mungkin terjadi.

Rekomendasi Produk Skincare yang Tepat

Pelembab: Cetaphil Moisturizing Cream

wajah gatal
Sumber: lottemart.co.id

Pelembab untuk kulit kering hingga sensitif berikutnya adalah Cetaphil Moisturizing Cream. Krim ini sangat kaya nutrisi untuk menghidrasi secara intens dan tahan lama. Formula Niacinamide (Vitamin B, pro-vitamin B (panthenol), gliserin, dan sweet almond oil terbukti meningkatkan ketahanan kulit yang sensitif.

Moisturizer terbaik untuk kulit kering ini membantu skin barrier semakin kuat hanya dalam 3 hari. Formula non-comedogenic di dalamnya mencegah pori-pori tersumbat dan hasilnya kulit selalu bersih.

Serum: Trilogy Microbiome Complexion Renew 30 ml

wajah gatal
Sumber: Trilogy.com

Kulit wajah gatal karena mikrobioma yang tidak seimbang bisa kamu atasi dengan memakai serum dari Trilogy ini. Microbiome Complexion Renew memiliki formula canggih untuk memperkuat, mempertahankan, serta membantu proses regenerasi kulit secara alami. Pemakaian yang rutin membantu sistem kekebalan makin kuat sehingga terlindung dari infeksi.

Baca juga: Kenali Kulit Kering Bersisik dan Dapatkan Solusinya

Sekarang kamu sudah memahami treatment yang tepat saat mengalami wajah gatal. Kondisi kulitmu akan kembali lembab, lembut, dan kenyal sepanjang waktu dengan produk skincare yang berkualitas. Satu lagi, hindari kebiasaan menggaruk area wajah yang gatal karena dapat memperparah kulit dan memicu peradangan. Nggak ada lagi deh masalah kulit gatal-gatal yang mengganggu penampilan wajahmu sekarang.

Share