wisata bromo

8 Spot Wisata Bromo Paling Menarik untuk Dikunjungi

Wisata Bromo terkenal dengan keindahan panorama alamnya. Bahkan berkat kecantikannya, gunung ini tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan dari berbagai tempat, mulai warga lokal, luar kota, hingga mancanegara banyak yang ingin melihat langsung kecantikan yang dimiliki oleh gunung berapi ini. Gunung Bromo terletak di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo, serta memiliki ketinggian 2.392 Mdpl. Selain terkenal dengan pesona alamnya, Gunung Bromo juga punya banyak spot atau obyek wisata andalan yang menjadi favorit di wisatawan. Namun, semenjak pandemi COVID-19 melanda Tanah Air, aktivitas wisata di Bromo sempat dihentikan sementara.

Wisata Bromo telah dibuka kembali pada Jumat, 28 Agustus 2020 lalu. Wisatawan bebas mengunjungi semua lokasi wisata di kawasan Bromo.

wisata bromo

Tetapi, ada satu titik di mana wisatawan dilarang mendekat, yaitu kawah Gunung Bromo. Larangan tersebut sesuai dengan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi atau PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Cemoro Lawang.

Saat ini, kuota wisatawan yang datang TNBTS, jumlahnya dibatasi 20 persen dari kapasitas normal dan mematok 739 orang wisatawan per hari. Semua wisatawan harus mendaftar lewat daring di laman bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan tidak ada lagi pembayaran tunai di pos pintu masuk.

Ketika berwisata ke Bromo wisatawan wajib mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Protokol kesehatan tersebut antara lain memakai masker, face shield, dan sarung tangan. Selain itu, wisatawan juga diharuskan membawa cairan pembersih tangan pribadi dan menjaga jarak satu sama lain. Usia pengunjung juga dibatasi minimal 14 tahun dan maksimal 60 tahun, serta harus membawa surat keterangan sehat Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA dan menjalani pengecekan suhu tubuh di pintu masuk.

Agar kamu memiliki gambaran mengenai destinasi atau obyek wisata Bromo yang terdapat di kawasan TNBTS, berikut ini MyLife sampaikan delapan spot wisata Bromo yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang berwisata di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.

Destinasi Wisata Bromo yang Menarik Dikunjungi

1. Pananjakan

wisata bromo

Salah satu spot wisata Bromo paling favorit adalah puncak Pananjakan. Spot ini merupakan puncak tertinggi yang bisa kamu tuju untuk melihat sunrise ke arah Kaldera Tengger. Tempat ini cukup dingin, oleh karena itu kamu harus menyiapkan berbagai perlengkapan pelindungi diri yang mampu menahan udara dingin seperti syal, kupluk, dan sarung tangan. Jika belum membawa perlengkapan ini, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa membelinya di penjaja atau warung-warung yang menjual perlengkapan anti dingin di sekitar lokasi.

Baca juga:  10+ Rekomendasi Gunung dan Bukit di Sumatera untuk Trekking

Meski berada di ketinggian, fasilitas di Puncak Pananjakan cukup lengkap seperti mushala, toilet, warung-warung penjaja makanan, serta perlengkapan anti dingin. Lokasi ini berupa tribun 10 tingkat yang berbentuk setengah lingkaran yang menghadap ke arah timur. Jika kamu berencana mengunjungi tempat ini, bersiaplah karena kamu akan merasakan terpaan angin kencang dan tentu saja suhu udara yang lebih dingin.

2. Gunung Widodaren

Wisata Bromo yang menjadi andalan selanjutnya adalah Gunung Widodaren terletak di ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut dan berlokasi tidak begitu jauh dari lokasi Gunung Bromo. Masyarakat lokal bertutur bahwa konon di Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat bertapa penduduk asli suku Tengger. Selain keindahan dan pesona alam yang dimiliki Gunung Widodaren, cerita-cerita berkaitan dengan masyarakat Tengger dan Gunung Widodaren ini menjadi bagian menarik

3. Bukit Cinta 

Spot favorit lainnya yang sering dimanfaatkan untuk menikmati matahari terbit di Bromo adalah Bukit Cinta. Lokasi ini cukup populer di telinga wisatawan. Jika baru pertama kali ke sini, kamu akan menemukan tembok besar bertuliskan Love Hill Bromo Tengger.

Tempat itu biasa dijadikan spot foto pertama ketika tiba di Bukit Cinta. Di tempat ini wisatawan bisa melihat Kaldera Tengger, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren. Spot Bukit Cinta juga bisa terlihat puncak tertinggi pulau Jawa yaitu puncak Mahameru di Gunung Semeru. Tempat ini juga biasa digunakan untuk menggelar upacara adat masyarakat Suku Tengger.

4. Pasir Berbisik

Wisata Bromo Pasir Berbisik merupakan hamparan pasir yang membentang luas di kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Padang pasir seluas 5.920 hektar ini menjadi pemandangan alam yang tidak didapatkan di pegunungan lain yang ada di Indonesia. Bahkan TNBTS dinobatkan sebagai satu-satunya kawasan pegunungan yang memiliki lautan pasir luas di Indonesia. Gesekan antar butiran pasir di tempat ini menimbulan suara mendesis layaknya manusia yang sedang berbisik. Inilah sebabnya lokasi ini diberi nama Pasir Berbisik yang kemudian dipopulerkan lewat judul film layar lebar karya sutradara Nan Achnas pada tahun 2001. 

Baca juga:  5 Poin Pentingnya Menghitung Harga Pokok Produksi dalam Bisnis

Pasir Berbisik terbentuk karena adanya letusan kecil dua gunung yang saling berhimpitan, yaitu material vulkanik yang terlempar ke tenggara membentuk sebuah lembah besar dan kaldera. Karena dalamnya kaldera, materi vulkanik dari letusan lanjutan menumpuk di dalam dan membentuk lautan pasir.

5. Bukit Kedaluh 

Spot wisata Bromo lainnya yang wajib dikunjungi adalah Bukit Kedaluh atau biasa juga dikenal Bukit Kingkong. Diberi nama Bukit Kingkong karena jika diperhatikan kembali, bentuk bukitnya mirip seperti wajah kingkong. Lokasi Bukit ini berada 800 meter hingga 1 kilometer di bawah Puncak Pananjakan. Jika kamu ingin menyaksikan sunrise di bukit ini, maka kamu harus menanjak sejauh 100-200 meter. Bukit ini juga menjadi titik antrean Jeep sebelum sampai ke puncak Pananjakan. Lokasi ini bisa menjadi alternatifmu bila Puncak Pananjakan sudah ramai.

6. Bukit Teletubies

Bagi kamu yang melewati masa kanak-kanak di era tahun 1997 hingga 2001 akan sangat familier dengan serial televisi, Teletubies. Film cerita dengan tokoh Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po ini terkenal dengan kalimat “berpelukaaan”. Dalam cerita tersebut mereka tinggal di sebuah bukit indah berbalut tumbuhan hijau di seluruh permukaannya. Pemandangan bukit hijau bak di negeri dongeng ini bisa kamu temui di kawasan Gunung Bromo.

Panorama indah di Bukit Teletubies serta savana yang terdapat di kaki bukit, menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis yang gemar fotografi. Bahkan tak jarang lokasi ini dijadikan tempat untuk pengambilan gambar pre wedding.

7. Mentigen 

Lokasi Bukit Mentigen terletak di sisi timur laut Gunung Bromo tepatnya berada di Lawang Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Wisatawan yang berada di tempat ini akan takjub dengan pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok yang terlihat jelas. Saking indahnya, Bukit Mentigen cocok digunakan sebagai alternatif spot berburu foto yang Instagramable. Spot pengamatan di tempat ini juga masih alami, yaitu berupa jalan setapak di punggung Bukit Mentigen. Kamu juga bisa melihat pohon-pohon pakis dan cantik tumbuh di sekitar spot pengamatan.

8. Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten adalah sebuah pura tempat sembahyang masyarakat Hindu yang tinggal di kawasan Bromo-Tengger yang terletak di hamparan Pasir Berbisik. Masyarakat Suku Tengger lah yang hingga saat ini memiliki peranan penting dalam menjaga keluhuran adat serta kesucian kawasan TNBTS. Pura ini dibangun pada tahun 2000 dan memiliki beberapa bangunan yang terdiri dari tiga bagian. Gaya arsitekturnya kental dengan konsep bangunan peribadatan umat Hindu.

Thia Destiani

Share