Nikmati Wisata Air Umbul Ponggok, Sambil Menyelam Marilah Selfie

Pernahkan kamu seru-seruan berfoto ria di dalam air? Cobain deh ke Umbul Ponggok. Objek wisata yang satu ini tak hanya menawarkan sensasi wisata air yang menyenangkan, tapi juga akan memberimu pengalaman bawah air yang tak terlupakan.

Umbul Pongok merupakan salah satu wisata Klaten yang Instagramable dan wajib kamu kunjungi. Lokasi tepatnya yaitu berada di Jalan Delanggu-Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika kamu datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Umbul Ponggok sendiri buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Menurut beberapa sumber, pada tahun 1920, Ponggok merupakan sebuah kawasan pabrik gula. Awalnya, fungsi utama Umbul Ponggok adalah pemasok utama air bagi pabrik tersebut. Setelah pabrik tutup, sumber mata air ini dijadikan sarana pengairan irigasi areal perkebunan dan pertanian di sekitarnya. Karena airnya jernih, tempat ini kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata.

Umbul Ponggok bukan kolam renang biasa dan memiliki ukuran 50 x 25 meter persegi dengan tingkat kedalaman mulai 1,5 meter hingga 2,6 meter. Selain bisa berenang di air yang jernih dan segar, di sini kalian juga akan merasakan sensasi berenang bersama ikan air tawar warna-warni. Meski ada banyak ikan di kolam ini, air di Umbul Ponggok tidak amis karena airnya terus mengalir.

Bagian dasar kolam renang ini juga bukan berupa keramik seperti kolam renang pada umumnya. Namun, bagian dasar Umbul Ponggok Klaten ini masih sangat alami berupa hamparan pasir halus yang memberikan sensasi tersendiri seperti berjalan di pinggir pantai pasir putih.

Salah satu fakta menarik adalah Umbul Ponggok merupakan wahana air pertama di Indonesia yang memberikan sensasi snorkling dan diving di perairan darat alias tidak di laut. Dengan kondisi air yang jernih, suasana kebahagiaan akan makin lengkap dengan mengabadikan video atau foto underwater. Saking jernihnya pasti banyak yang nggak percaya kalau foto yang diambil adalah hasil jepretan foto bawah air.

Baca juga:  4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Andong

Snorkelling di Umbul Ponggok jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini tidak memiliki arus atau ombak sama sekali. Konon kolam renang alami ini keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda. Area di sekitar Umbul Ponggok merupakan hamparan persawahan dengan pepohonan rindang. Menjadikan objek wisata Klaten ini makin sejuk dan asri. 

SONY DSC

Harga tiket masuknya adalah Rp 15.000 per orang untuk hari biasa dan hari libur. Namun, harga ini tidak termasuk fasilitas aktivitas bawah air seperti kamera bawah air, alat snorkeling, dan paket diving.

Fasilitas Umbul Ponggok

Selain menyediakan fasilitas standar seperti kamar mandi, ruang ganti pakaian, serta wawrung yang menjual jajanan menggugah selera, Umbul Ponggok juga menyediakan fasilitas penunjang lainnya. Bagi kalian yang nggak mau ribet dengan barang bawaan berupa peralatan selama liburan, Umbul Ponggok menyediakan berbagai fasilitas yang bisa kamu gunakan selama menikmati objek wisata yang satu ini, antara lain:

Kamera Underwater

Foto-foto di bawah air tentunya memerlukan peralatan khusus dong. Nah, kalau kamu nggak punya kamera yang tahan air, tenang aja, di Umbul Ponggok ada, kok. Tersedia persewaan kamera underwater beserta operatornya. Tarif yang dikenakan adalah Rp60.000 per 30 menit maksimal untuk 4 orang dan Rp.100.00 per 60 menit maksimal untuk 7 orang. Disediakan pula fasilitas pemotretan untuk prewedding dengan harga mulai Rp.300.000.

Untuk melengkapi foto, tersedia juga persewaan properti foto underwater dengan beragam properti dan harga. Kamu bisa memilih properti seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop. Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah nyebur ke air, berpose, dan cekrek! Mudah kan?

Baca juga:  Kawah Ratu, Potongan Surga di Kaki Gunung Salak

Alat Snorkling

Snorkeling ternyata nggak cuma bisa dilakukan di laut, di Umbul Ponggok juga bisa. Tak perlu panik kalau kamu nggak punya peralatan snorkeling, karena di tempat ini menyediakan persewaan alat untuk snorkeling lengkap dari ujung kaki sampai ujung kepala berupa, pelampung (life jacket), kaki katak (fin), masker snorkle. Alat snorkling ini dapat disewa secara terpisah sesuai kebutuhan pengunjung.

Paket Diving

Tersedia persewaan paket untuk diving lengkap berupa tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit & googles. Tersedia juga paket underwater Walker Dive.

Wahana Permainan

Bukan objek wisata air namanya kalau nggak ada wahana permainan yang bisa bikin basah kuyup para pesertanya. DI Umbul Ponggok tersedia persewaan wahana permainan air yang seru yaitu Warrior Adventure untuk aktivitas permainan di atas air, kapasitas maksimal sampai 85 orang. Jadi kalau kamu mau bawa orang se-RT bisa banget tuh!

Nah, itu tadi ulasan tentang Umbul Ponggok. Kamu pasti jadi ngiler pengin merasakan segarnya berenang di air yang jernih sekaligus berfoto ria kan? Namun, saat ini Umbul Ponggok sedang melakukan adaptasi menuju kebiasaan baru atau new normal, sehingga menurut informasi terbaru, obyek wisata Umbul Ponggok masih ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Meski begitu, tempat wisata Umbul Ponggok merupakan salah satu dari sejumlah tempat wisata yang dianggap sudah siap dibuka kembali. Meski sudah melakukan simulasi, tempat wisata di Klaten ini belum bisa dibuka karena masih menunggu beberapa pertimbangan. Salah satunya apakah protokol kesehatan sudah diterapkan dengan benar. Pengelola juga mempertimbangkan situasi dan kondisi daerah tempat wisata berada.

Nantinya jika Umbul Ponggok sudah dibuka kembali, pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.