5+ Daftar Surga Wisata Labuan Bajo Terfavorit

Bagi kamu pecinta petualangan dan traveling, pasti sudah sering mendengar nama destinasi wisata Labuan Bajo. Yup, destinasi wisata yang satu ini memang cukup populer. Dari hewan endemic langka Komodo, berenang dengan ikan Manta sampai berlari di atas pasir pantai berwarna pink menjadi sebuah daya tarik wisata yang hanya bisa di jumpai di pulau ini.

Ingin tahu seperti apa serunya pulau Labuan Bajo? Apa saja destinasi wisata favoritnya? Intip informasinya di bawah ini.

Dimana Letak Labuan Bajo?

Daerah  wisata Labuan bajo sendiri berada di kawasan yang berlokasi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Lokasi Labuan Bajo yang tidak terlalu jauh dari Bali membuat kawasan wisata ini menjadi tujuan utama para wisatawan setelah dari Bali.

5+ Surga Destinasi Wisata Labuan Bajo Terfavorit

1. Manta Point

snorkeling di labuan bajo
Sumber: Pixabay

Pulau Manta  sudah sangat terkenal sebagai surga dunianya penggemar diving di Labuan Bajo. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Nama Manta Point diambil dari salah satu ikan yang banyak ditemukan di kawasan tersebut, yakni ikan pari raksasa. Kamu dapat menikmati sensasi berenang bersama manta, tentu pengalaman diving ini menjadi pengalaman yang unik sekaligus tak terlupakan. Akan sangat direkomendasikan bagi para pengunjung untuk membawa underwater camera, untuk bisa mengabadikan momen berenang bersama manta.

Selain manta, masih terdapat banyak ikan yang bisa ditemukan di kawasan ini, dipadukan dengan keanekaragaman dari terumbu karang yang eksotis. Cahaya matahari yang menerobos masuk ke air laut menjadikan pendangan di dalam laut lebih terang, sehingga para penyelam bisa melihat keindahan bawah laut dengan lebih puas.

Baca juga:  Intip Perlengkapan Touring yang Wajib Kamu Siapkan, Yuk!

Baca Juga: Snorkeling dan Diving, Ada 3 Hal yang Membedakan Keduanya!

2. Pulau Kelor

Pulau Kelor yang indah di Labuan Bajo
Sumber: Freepik

Keindahan bawah laut di pulau ini sangat mengagumkan, tak heran jika banyak pengunjung yang melakukan snorkeling. Jernihnya air akan membuat berbagai biota laut terlihat cukup jelas. Saat naik ke daratan pengunjung dapat melihat hamparan pasir putih dengan bukit yang ditumbuhi banyak rumput dan pohon.

Ketika berada di puncak bukit, Kamu dapat melihat indahnya pemandangan kawasan Labuan Bajo berupa hamparan laut biru dengan banyak pulau dan perbukitan yang menghiasi. Tentu pemandangan ini akan membuat kamu terpesona dengan keindahan Pulau Kelor.

3. Pulau Komodo

Sumber: Freepik

Pulau Komodo merupakan pulau yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Labuan Bajo. Pulau ini cukup populer dan banyak diminati oleh wisatawan. Seperti namanya, di pulau ini terdapat banyak sekali hewan endemik Indonesia, yakni Komodo. Diperkirakan terdapat sekitar 2.500 ekor komodo yang tinggal dan berkembang di Pulau komodo.

Jika berkunjung ke tempat ini pengunjung dapat melihat secara langsung habitat asli komodo. Pengunjung dapat melihat keseharian dari hewan komodo sembari berjalan-jalan mengeksplor Pulau tersebut. Pulau Komodo sendiri merupakan salah satu situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO, dan salah satu dari tujuh keajaiban dunia alam dari New 7 Wonders of Nature.

Bagi pengunjung yang ingin melihat langsung hewan komodo ini dapat berkunjung ke Pulau Komodo. Pulau Komodo menjadi salah satu tempat wisata yang menyuguhkan eksotisme laut yang mengagumkan. Pengunjung dapat melihat berbagai pulau kecil dari pulau ini, rimbunan pepohonan, perbukitan hijau, hingga pesona pantai di pinggir Pulau Komodo.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Menarik di Sekitar Taman Nasional Ujung Kulon

4. Pink Beach Labuan Bajo

pin beach labuan bajo
Sumber: Freepik

Salah satu pantai yang sangat terkenal dari Labuan Bajo adalah Pink Beach. Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna pink atau merah muda. Indahnya panorama di pantai ini menjadikan pantai ini spot foto terbaik dan sangat instagramable.

Baca juga:  8 Tempat Wisata Lombok dengan Panorama Terbaik Favorit Para Wisatawan

Warna merah muda dari pasir yang ada di pantai tersebut disebabkan oleh pecahan karang dan biota laut yang memang berwarna pink. Kamu dijamin akan sangat terpesona dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Selain bisa berjalan-jalan menyusuri hamparan pasir merah muda, kamu juga dapat naik perahu dayung kecil untuk menikmati kejernihan air laut. Selain itu juga dapat melakukan snorkelling. Hal ini dikarenakan keindahan bawah laut dari pantai ini jga tak kalah mengagumkan.

5. Gua Rangko Labuan Bajo

gua rangko labuan bajo
Sumber: gotravelly

Goa Rangko Labuan Bajo sangat cocok bagi para pengunjung yang memiliki jiwa berpetualang, Di dalam Gua Rangko terdapat aliran air asin yang berwarna biru dan sangat jernih. Kamu akan dibuat terpesona dengan keindahan air yang dipadukan dengan stalaktit-stalaktit unik di dalam gua. Cahaya matahari yang menerobos masuk melalui lubang-lubang gua membuat pemandangan semakin mengagumkan.

6. Air Terjun Cunca Wulang

air terjun yang indah
Sumber: Pixabay (ilustrasi)

Berkunjung ke Labuan Bajo belum lengkap jika belum mengunjungi  Air Terjun Cunca Wulang, salah satu wisata andalan di Labuan Bajo. Air terjun ini berada di dalam kawasan Hutan Mbeliling dengan ketinggian 2.000 meter di atas permukaan air laut. Terdapat tebing yang memisahkan aliran air terjun, membuat pemandangan ini sekilas mirip dengan Green Canyon.

Air terjun ini memiliki air yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Pengunjung yang suka berpetualang dapat berenang di air terjun ini. Pengunjung dapat memanjat sisi air terjun hingga ke puncaknya. Kemudian loncat dari ketinggian air terjun untuk rasakan kenikmatan dan kesegaran airnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa harus tetap hati-hati, apalagi saat musim kemarau debit air terjun ini sudah berkurang. Pengunjung akan menikmati gemericik air dan suasan asri hutan yang tenang dan nyaman. Tempat ini sangat eksotis dengan keindahan tebing dan pepohonan.

Rasanya tidak akan ada habisnya mengulas keindahan destinasi wisata di Labuan Bajo. Jika kamu memiliki waktu luang segeralah datang mengunjungi tempat eksotis yang satu ini.

Jangan lupa, untuk merencanakan liburanmu dengan baik, jauh-jauh hari. Pesan tiket dan akomodasi untuk memastikan liburanmu aman dan nyaman bersama oranng-orang terdekat.