Tren Fashion Jaman Dulu yang Kembali Viral, Apa Itu Y2K?

Mode Y2K kembali populer dan digemari banyak orang. Gaya berpakaian yang unik ini terinspirasi dari tren fashion akhir ’90-an hingga awal 2000-an. Ciri dari Y2K adalah motif cetak yang mencolok, warna-warna cerah, serta paduan aksesoris yang menarik perhatian. Y2K sendiri merupakan singkatan dari “Year 2000” karena populer pada awal tahun 2000-an.

Khususnya akhir tahun 2021 lalu, tren Y2K banyak diaplikasikan oleh generasi milenial di luar negeri maupun hingga Indonesia. Tren Y2K fashion identik dengan beberapa fashion item, seperti metallic jacket, wide-leg denim pants, tas mungil, denim on denim, trendy sneakers, rok plisket, dan kacamata berwarna-warni. Di era sekarang, fashion ini kembali digemari sebagai bentuk nostalgia akan waktu-waktu yang lebih sederhana. Yuk, simak tips padu padan outfit untuk tren Y2K ini!

y2k adalah
Sumber: Pinterest

7 Fashion Item Trend Y2K yang Harus Kamu Punya

Jika kamu ingin mencoba tren Y2K, atau ingin mengenang masa remajamu melalui tren ini, simak beberapa barang yang perlu kamu miliki!

1. Celana Low-rise

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Celana low-rise adalah salah satu tren fashion Y2K yang kembali booming di tahun 2022. Jenis celana ini memiliki potongan pinggang yang rendah. Pada bagian bawah celana yang melebar sangat pas dikenakan oleh pemilik kaki jenjang. Biasanya, model celana jeans dengan warna acid washed berpotongan low-rise yang menjadi andalan generasi milenial untuk mengaplikasikan tren Y2K fashion dengan tepat. 

Baca juga:  Dari Casual Sampai Formal, Intip Inspirasi OOTD Batik Terkini

2. Tracksuit Berbahan Velour

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Bahan velour memiliki tekstur yang menyerupai bahan velvet yang mengilap. Jika kamu pernah menonton reality show “The Simple Life” yang dibintangi Paris Hilton dan Nicole Richie di awal tahun 2000-an, pasti kamu akan sadar. Keduanya seringkali tampil dengan tracksuit berbahan velour ini. Biasanya, tracksuit ini cocok untuk berolahraga ataupun berjalan santai.

3. Kardigan Kancing Depan

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Front-button cardigan atau kardigan dengan kancing depan menjadi salah satu fashion item bernuansa vintage yang populer di tahun 90-an. Kalau kamu akrab dengan film “Clueless”, pastinya tahu dengan tren fashion mengenakan kardigan berpotongan crop dengan warna-warna cerah. Kamu bisa mengombinasikan kardigan dengan atasan turtleneck, blus rajut atau atasan bermotif garis-garis. 

4. Bandana

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Tidak hanya pakaian, aksesori seperti bandana pun juga memiliki pengaruh pada tren fashion Y2K. Bandana dengan beragam motif seperti paisley berbahan sutra. Hal itu akan memberikan kesan glamor yang trendi di tahun 90-an. Selain digunakan sebagai aksesori rambut, kamu juga bisa menggunakan scarf yang panjang untuk crop-top.

5. Slip Dress

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Ingatkah kamu dengan serial TV “Amerika Sex & The City”? Pemeran utama, Carrie Bradshaw selalu tampil eksis dengan pilihan model slip dress yang glamor. Busana ini kerap menjadi pilihan generasi milenial untuk menerapkan tren fashion Y2K di awal tahun 2022 ini. Agar nyaman digunakan di keseharian, kamu bisa memadukan slip dress dengan kardigan atau menggunakan dalaman berupa T-shirt berwarna kontras. 

Baca juga:  Inspirasi Casual Style untuk Pria dan Wanita Muda Masa Kini

6. Crop-top Motif Grafis

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Untuk pemilik tubuh petite atau mungil, rasanya sangat cocok mengaplikasikan tren fashion Y2K yang satu ini. Crop-top dengan motif grafis atau baby tees memberikan kesan fresh pada tampilan keseharian. Agar terlihat lebih eksperimental, kamu bisa menjodohkan atasan tadi dengan wide-leg jeans atau celana tracksuit. Jangan lupa untuk mengenakan sneaker agar terlihat sporty.

7. Baguette Bag

y2k adalah
Sumber: Pinterest

Fashion item yang tidak boleh ketinggalan untuk tren Y2K adalah baguette bag. Baguette bag atau tas bahu dengan tali pendek seperti tas koleksi jenama fashion Prada dan Bottega Veneta juga masuk dalam jajaran aksesori yang trendi di akhir tahun 90-an. Untuk kesan yang lebih unik, kamu bisa memilih baguette bag dengan bahan atau warna yang mengilap seperti sequins dan neon. Dijamin, penampilanmu yang minimalis akan terlihat semakin popped-up!

Nah, itulah 7 barang yang wajib kamu punya untuk bisa mengikuti tren Y2K. Bagi generasi milenial, Y2K fashion mencerminkan energi yang dulu mereka miliki dan kebiasaan berbelanja di masa kecil atau awal remaja. Sementara tren Y2K fashion identik dengan gaya yang unik, di masa sekarang ini, banyak dari perancang busana yang lebih fokus pada penampilan berpakaian yang minimalis.