Baik untuk Jiwa-Ragamu, Ini 8 Manfaat Yoga yang Penting!

Belakangan ini, olahraga yoga sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat. Selain untuk mental, ternyata yoga memiliki manfaat yang baik untuk fisikmu! Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Olahraga ini menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.

Sebagai pemula, tentunya kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang manfaat yoga sebelum mulai mengikutinya. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai 8 manfaat yoga bagi tubuh, dan juga 5 rekomendasi saluran Youtube yang bisa kamu lihat untuk awal belajar yoga di rumah. Yuk, simak sampai habis!

manfaat yoga
Sumber: iStockPhoto

8 Manfaat Yoga bagi Tubuh

1. Mengurangi Stres

Saat melakukan yoga, hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat mengalami stres akan berkurang. Penelitian menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki suasana hati dan kesejahteraan lahir-batin seseorang. Bahkan manfaat yoga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur.

2. Meningkatkan Kebugaran

Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat dari olahraga ini adalah membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jika kamu memiliki risiko penyakit kronis seperti hipertensi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat meringankan beban kerja di jantung. Di samping pengobatan yang medis, pasien gagal jantung juga berlatih yoga sebagai terapi komplementer untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kualitas hidup.

Baca juga:  7 Cara Ampuh Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah

4. Meredakan Sakit Punggung

manfaat yoga
Sumber: iStockPhoto

Bagi kamu yang sering mengeluh pegal, yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika kamu mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Hal ini dikarenakan gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu kamu untuk melenturkan tubuh. Gerakan-gerakan tertentu, terutama di punggung, dapat mengurangi rasa sakit.

5. Meringankan Gejala Asma

Asma yang kambuh dapat sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Untuk mengatasinya, cobalah melakukan yoga secara rutin. Beberapa gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan, seperti pranayama, dapat membantu meringankan gejala asma. Tidak hanya itu, yoga juga dipercaya dapat meringankan gejala nyeri, migrain, dan membantu mengatasi insomnia.

6. Membantu Tubuh Rileks dan Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa yoga yang dilakukan rutin sebelum tidur secara konsisten dapat membantumu memiliki pola pikir yang benar. Ini juga dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk tertidur dan tetap tertidur dengan nyenyak. Yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan tubuh tetap terjaga. Olahraga ini juga memiliki efek signifikan pada semua penyebab umum masalah atau gangguan tidur, mulai dari kecemasan, depresi, nyeri kronis, hingga stres.

7. Memperbaiki Postur Tubuh

Rutin berolahraga yoga mampu melatih kekuatan otot, fleksibilitas, hingga mampu mencegah kolesterol tinggi. Postur tubuh dapat semakin baik karena yoga meningkatkan fleksibilitas. Berlatih yoga juga membuatmu menjadi lebih mampu mengenali tubuh saat membungkuk atau memiliki postur tubuh yang buruk sehingga ada keinginan untuk memperbaikinya.

Baca juga:  7 Manfaat Lemon untuk Diet dan Cara Meraciknya

8. Kulit Lebih Sehat dan Bercahaya

Siapa sangka yoga juga efektif dalam meningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit? Yoga bermanfaat dalam mendapatkan tampilan kulit yang cerah dan sehat. Salah satu yang membuat tampilan kulit terlihat kusam, tidak bercahaya dan memiliki beragam masalah kulit lainnya karena disebabkan oleh stres dan adanya gangguan pada usus. Dengan melakukan yoga, ragam masalah penyebab masalah kulit tersebut dapat diatasi sehinga memberikan tampilan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

5 Rekomendasi Saluran Youtube untuk Yoga di Rumah

Kini semua orang bisa melakukan olahraga yoga dengan mudah melalui saluran Youtube yang menyediakan latihan yoga secara gratis. Berikut ini adalah 5 rekomendasi saluran yoga di Youtube yang dapat digunakan untuk berlatih yoga di rumah.

manfaat yoga
Sumber: iStockPhoto
  1. Yoga with Adriene. Dari saluran ini, siapapun bisa memilih jenis yoga yang diinginkan dan durasi latihan.
  2. Alo Yoga. Saluran ini cocok untuk pemula dan juga profesional. Banyak pilihan instruktur yang bisa kamu pilih untuk latihan yoga di rumah.
  3. Yogini Melbourne. Cocok untuk pemula yang ingin beradaptasi dengan gerakan yoga ringan. Banyak pilihan latihan stretching dengan nuansa menenangkan, instruksi pun jelas dan rinci.
  4. Kino Yoga. Tak hanya latihan bagi pemula, saluran ini sering membagikan konten challenge dan juga video latihan melatih fleksibilitas tubuh.
  5. YOGATX. Saluran ini memberikan konten latihan yoga untuk pemula dengan fokus yang berbeda-beda. Mulai dari yoga untuk leher-bahu, yoga untuk meredakan sakit punggung, hingga couple yoga.

Selain beberapa manfaat yoga di atas, manfaat utama yang dicari banyak orang adalah terbakarnya lemak dalam tubuh. Lakukan yoga jenis ashtanga, power yoga, atau hot yoga, dikombinasikan dengan berjalan kaki, berlari, atau olahraga aerobik lainnya.

Lakukan yoga secara rutin demi kesehatan jiwa dan raga. Namun jika sebelumnya kamu menderita kondisi kesehatan tertentu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai berlatih yoga.