7 Manfaat Lemon untuk Diet dan Cara Meraciknya

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah menerapkan diet sehat. Dalam diet ini, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami agar berat badanmu berkurang. Buah lemon diyakini dapat mengurangi berat badan karena kandungan kalorinya cukup rendah. Saat ini berbagai campuran lemon dipercaya masyarakat menjadi ramuan yang memiliki manfaat untuk diet.

Buah lemon kaya akan vitamin C dan serat. Selain itu, buah ini juga tergolong rendah kalori dan mengandung nutrisi lain, seperti vitamin B1, vitamin B6, zat besi, kalsium, kalium, asam folat, dan berbagai senyawa tanaman. Namun begitu, kamu tidak bisa sembarangan mengonsumsinya, lho! Ada beberapa manfaat dari lemon untuk diet. Dan juga kamu bisa meracik minuman dengan bahan dasar lemon sebagai teman untuk dietmu. Apa saja, ya?

manfaat lemon untuk diet
Sumber: iStockPhoto

7 Manfaat Lemon untuk Diet

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, ada 7 manfaat lainnya dari buah lemon.

1. Menghidrasi Tubuh

Selain mengandung kalori rendah yang dapat menunjang diet, sari lemon dapat mempertahankan jumlah cairan dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, sari lemon dapat membantu mengelola fungsi tubuh. Mulai dari mengatur suhu hingga meningkatkan kinerja fisik. Jika cairan dalam tubuh tercukupi dengan baik, maka proses pembakaran lemak dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu mengurangi retensi cairan yang menjadi pemicu perut kembung dan kenaikan berat badan.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jika metabolisme dalam tubuh lancar, maka proses penurunan berat badan dapat berjalan dengan baik. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat meningkatkan fungsi mitokondria, yaitu jenis organel sel yang membantu menghasilkan energi. Kamu bisa mengonsumsi sari lemon sebanyak 10 mililiter per 1 kilogram berat badan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan 25 persen metabolisme tubuh dalam 40 menit.

Baca juga:  Bagaimana Tips untuk Memulai Senam Lansia?

3. Melancarkan Pencernaan

manfaat lemon untuk diet
Sumber: iStockPhoto

Manfaat lemon untuk diet selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Rasa asam dari lemon dapat membantu mencerna makanan dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Serat yang ada di dalam daging buah lemon dapat menyehatkan usus. Sari lemon juga dapat membantu melancarkan buang air besar. Hal ini berujung pada penurunan berat badan sehingga dapat membantumu dalam diet.

4. Kenyang Lebih Lama

Konsumsi air yang cukup adalah hal mendasar yang sering direkomendasikan untuk membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi menyebutkan bahwa minum air saat makan menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sari lemon dipercaya memiliki efek yang sama seperti air putih dalam membuat perut kita lebih kenyang. Dengan begitu, rutin meminumnya berpotensi untuk menjadi cara yang efektif untuk mengurangi asupan kalori.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam sari lemon dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh dalam menangkal virus dan bakteri penyebab penyakit, terutama saat menjalani diet. Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Buah lemon dan madu adalah kombinasi terbaik saat kamu menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

6. Mengecilkan Perut

manfaat lemon untuk diet
Sumber: iStockPhoto

Seiring dengan bertambahnya berat badan yang tak terkendali, hal ini biasanya akan berpengaruh pada kondisi perut yang membuncit. Sari lemon bisa membantumu untuk mengecilkan perut. Caranya cukup mudah, yaitu konsumsi sari lemon dengan air hangat minimal 3 kali seminggu. Hal ini bisa membantu untuk mengecilkan perut. Tentunya jika disertai dengan rutin melakukan latihan fisik dan diet sehat tinggi nutrien.

7. Mengurangi Risiko Obesitas

Lemon termasuk buah-buahan yang memiliki kandungan senyawa polifenol. Sehingga antioksidan tersebut bisa mengurangi kenaikan berat badan. Sebuah penelitian mengungkapkan polifenol bisa mengurangi resiko seseorang terkena obesitas. Obesitas selama ini diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit hati, diabetes, dan penyakit lainnya.

Baca juga:  Ingin Mengatasi Perut Kembung dan Mual, Coba 8 Cara Ini!

4 Cara Mengonsumsi Lemon

Ada 4 cara untuk mengonsumsi lemon untuk alternatif diet, antara lain sebagai berikut.

1. Air Lemon

manfaat lemon untuk diet
Sumber: iStockPhoto

Untuk membuat air lemon, campur perasan setengah lemon dengan segelas air. Jika ingin menambah rasa, tambahkan beberapa daun mint segar, kayu manis, atau madu murni yang menyehatkan. Kamu bisa mengkonsumsi air lemon panas dengan teh atau disajikan dingin dengan es batu. 

2. Lemon dan Madu

Diet madu dan lemon diklaim sebagai cara efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk membuat minuman ini, campurkan segelas air hangat dengan 1 sendok teh madu dan air lemon segar. Konsumsilah di pagi hari dengan keadaan perut kosong. Diet madu dan lemon perlu dikombinasikan dengan cara penurunan berat badan lainnya agar efektif.

3. Infused Water Lemon dan Timun

Air yang dicampur potongan lemon dan timun memiliki manfaat kesehatan. Selain untuk diet, timun yang mengandung kalium bisa menjadi cara alami untuk membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa kembung, dan membantu mengencangkan kulit. Cara membuatnya adalah siapkan botol minuman seperti tumbler, masukkan ½ buah lemon yang telah diiris tipis dan ¼ buah timun yang telah diiris tipis. Campurkan dengan air dan es batu. Simpan di kulkas untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat. 

4. Lemon dan Jahe

manfaat lemon untuk diet
Sumber: iStockPhoto

Lemon dan jahe menjadi minuman detoks yang menyehatkan karena bisa meningkatkan metabolisme. Bahkan menghirup aromanya pun bisa meningkatkan metabolisme untuk sepanjang hari. Adapun cara membuat minuman lemon dan jahe adalah rebus 1 gelas air dengan jahe berukuran 3 cm yang telah digeprek. Diamkan selama 3 menit usai mendidih. Siapkan perasan sari lemon dari ½ buah lemon dan 1 sendok teh madu dalam satu gelas. Tuangkan air jahe dan aduk rata. Minuman ini juga baik untuk meredakan flu.

Itulah beberapa manfaat lemon bagi tubuh. Oleh karena hal tersebut, lemon sering dimasukkan sebagai selingan dalam menu diet sehat. Minum air lemon untuk diet disarankan pada pagi hari, karena sangat efektif dalam menghilangkan lemak perut. Terapkan cara membuat air lemon untuk diet setelah bangun tidur. Langsung konsumsi terutama saat perut masih kosong.