Diet Keto, Cara Unik untuk Sehat dan Langsing

Beragam pola diet telah banyak dikenal oleh masyarakat. Namun ada salah satu pola diet yang mungkin akan membuat kamu cukup tertarik karena mampu menurunkan berat badan secara cepat. Nama diet itu adalah diet Keto. Secara sederhana diet keto adalah salah satu pola diet dengan menghindari karbohidrat.

Meskipun nama diet ini mungkin belum terlalu familier buat sebagian orang. Faktanya, diet keto telah banyak membantu orang-orang untuk hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Ingin tahu apa itu diet keto? Apa saja jenis dan manfaatnya? Yuk, cari tahu di bawah ini.

Apa itu Diet Keto?

Secara umum, diet keto adalah diet dengan pola makan rendah karbohidrat namun tinggi lemak. Diet ini sebenarnya hampir mirip dengan diet rendah karbohidrat atau diet Atkins (rendah karbohidrat tapi tinggi protein).

Walau tinggi lemak, namun lebih dari 20 hasil studi menyatakan kalau diet keto bisa membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Jenis diet ini bahkan digadang-gadang mampu mencegah diabetes, kanker, epilepsi, serta alzheimer.

Bagaimana Cara Melakukan Diet Keto?

Diet keto dilakukan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak. Menurunnya asupan karbohidrat ini membuat tubuh tidak lagi mendapatkan sumber energi sehingga terjadi yang namanya ketosis.

Ketosis adalah proses metabolisme yang normal ketika tubuh tidak memiliki cukup glukosa (karbohidrat) sebagai energi, maka tubuh membakar lemak yang tersimpan sebagai penggantinya. Ini menghasilkan penumpukan asam yang disebut keton di dalam tubuh.

Berkurangnya asupan karbohidrat dalam diet keto otomatis juga membuat kadar gula dalam darah dan insulin menurun drastis.

Baca juga:  Alami, 5 Masker Rambut untuk Rambut Kering dan Mengembang

Jenis-Jenis Diet Keto

diet keto adalah
Sumber: iStockPhoto

Hingga saat ini, paling tidak terdapat 4 jenis diet keto, yakni:

SKD (standard ketogenic diet) – karbohidratnya sangat rendah, disertai protein secukupnya dan banyak lemak. Perbandingan makanan dari tipe diet ini adalah 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat.

CKD (cyclical ketogenic diet) – diet ini masih melibatkan konsumsi karbohidrat yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 5 hari diet keto diikuti dengan 2 hari diet tinggi karbohidrat.

TKD (targeted ketogenic diet) – diet ini mengizinkan Anda menambahkan jumlah karbohidrat tatkala sedang berolahraga.

Diet keto tinggi protein – agak mirip dengan SKD, namun tipe ini melibatkan lebih banyak protein, dengan rasio 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat.

Dari semua jenis yang disebutkan tadi, hanya tipe SKD dan diet keto tinggi protein saja yang sudah diteliti secara ekstensif, dan SKD-lah yang paling direkomendasikan. Sedangkan untuk CKD dan TKD yang merupakan modifikasi dari diet keto, biasanya dilakukan oleh atlet atau olahragawan.

Baca Juga: 6 Tips Diet Sederhana yang Terbukti Sehat dan Aman

Manfaat Diet Keto

Sama seperti jenis diet lainnya, ketogenik juga memiliki manfaat yang perlu diketahui. Saya akan mengulas dimulai dari manfaat. Berikut manfaat diet keto untuk tubuh.

1. Mengendalikan epilepsi

Diet ini merupakan pola makan yang dianjurkan untuk anak dengan epilepsi.

Para ahli menyatakan zat keton yang dihasilkan saat mengolah lemak jadi energi membantu menormalkan aktivitas listrik otak yang terganggu pada pasien epilepsi.

2. Menurunkan berat badan

Saat Anda menjalani diet ini, tubuh menggunakan cadangan lemak untuk dibakar sebagai energi. Lemak yang terbakar ini pada akhirnya mampu membantu menurunkan berat badan Anda.

3. Mengontrol kadar gula darah

Jenis diet ini menurunkan asupan karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diproses menjadi glukosa (gula darah).

Baca juga:  Intip 10 Ide OOTD Kaos Oversize dan Hijab yang Bisa Kamu Tiru

Semakin sedikit karbohidrat yang dikonsumsi, semakin sedikit pula glukosa di dalam tubuh sehingga kadar gula darah pun lebih terkendali.

Baca Juga: 10 Manfaat Oatmeal dan 5 Resepnya untuk Diet

Makanan yang Harus Dihindari dalam Diet Keto

diet keto adalah
Sumber: Freepik

Singkatnya, semua makanan yang tinggi karbohidrat harus dihindari. Berikut beberapa contohnya:

  • Makanan manis: soda, jus buah, smoothies, kue, es krim, permen, dll.
  • Padi-padian atau yang mengandung tepung: produk makanan berbahan dasar tepung, beras/ nasi, pasta, sereal, dll.
  • Buah-buahan: semuanya, kecuali porsi kecil buah berry, seperti strawberry misalnya.
  • Biji-bijian: polong-polongan, kacang merah, lentil, dll.
  • Sayuran berupa umbi dan akar umbi: kentang, ubi manis, wortel, dll.
  • Produk berlabel rendah lemak: biasanya sudah melewati proses kimiawi dan seringkali tinggi karbohidrat.
  • Bumbu atau saus tertentu: biasanya mengandung gula dan lemak tak sehat.
  • Lemak tak sehat: batasi konsumsi minyak sayur hasil proses, mayonaise, dll.
  • Alkohol: karena mengandung karbohidrat.
  • Makanan bebas gula: seringkali mengandung gula alkohol, yang dapat memengaruhi kadar ketone. Makanan ini biasanya juga melewati proses kimiawi.

Makanan Diet Keto yang Disarankan

Sebaliknya, Anda diimbau mengutamakan bahan makanan berikut:

  • Daging: merah, steak, sosis, ayam, dll.
  • Ikan berlemak: salmon, tuna, makarel, dll.
  • Telur: sebaiknya pilih telur ayam kampung atau yang mengandung omega-3.
  • Margarin dan krim: jenis nabati lebih baik.
  • Keju: pilih yang tidak diproses seperti cheddar, keju kambing, krim keju, blue cheese atau mozarella.
  • Kacang dan biji-bijian: almond, walnut, flaxseed (biji rami), pumpkin seed (biji labu), chia seed, dll.
  • Minyak sehat: utamakan minyak zaitun jenis extra virgin, minyak kelapa, dan minyak alpukat.
  • Alpukat
  • Sayur rendah karbohidrat: sayuran berdaun hijau, tomat, bawang, paprika, dll.
  • Saus atau bumbu: Anda boleh menggunakan garam, merica, dan rempah herbal sehat lainnya.

Bagiamana? Setelah membaca artikel di atas, apakah sekarang kamu sudah terinspirasi untuk melakukan diet keto? Hidup sehat memang penting, dan diet keto adalah salah satu cara untuk hidup lebih sehat. Namun jangan lupa, perhatikan beberapa hal penting dalam diet tersebut ya! Selamat mencoba.