7 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk menjamin agar masa depan menjadi lebih baik, ada satu tindakan yang sebaiknya dilakukan sedari dini, yakni investasi. Berinvestasi apa pun bentuknya, wajib dilakukan selagi kamu masih memiliki penghasilan tetap. Banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi saham, deposito, tanah, hingga emas. Jenis terakhir ini merupakan pilihan investasi yang tengah naik daun di masa pandemi Covid-19 ini. Ada beberapa tips investasi emas yang bisa dilakukan.

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Alasannya, emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan. Salah satu contoh adalah yang terjadi di masa pandemi Covid-19. Harga emas mengalami peningkatan yang signifikan. Lalu, bagaimana tips investasi emas bagi investor pemula? Simak penjelasannya.

investasi emas
Sumber: iStockPhoto

7 Keuntungan Investasi Emas

Emas telah terbukti dapat menjaga nilai uang selama ribuan tahun. Selain itu, nilai emas juga masih bisa meningkat meski ada krisis ekonomi atau politik. Ini 7 keuntungan jika kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk emas.

1. Alat Tukar Saat Krisis

Salah satu keuntungan menabung emas yakni dapat menjadi alat tukar saat krisis. Semua negara pasti pernah mengalami krisis keuangan. Untuk terhindar dari krisis itu, sebenarnya bisa mengandalkan tabungan emas yang dimiliki untuk digunakan menjadi alat tukar saat mata uang tengah tak terkendali. Apalagi, emas biasanya tidak terpengaruh inflasi sehingga lebih terkendali.

2. Dana Darurat

Selain terhindar dari inflasi, tabungan emas bisa disetarakan dengan dana tunai karena lebih mudah dicairkan. Penggunaannya pun bisa dimaksimalkan untuk dana darurat ataupun kebutuhan mendesak lainnya. Tidak hanya dijual, emas juga bisa digadaikan jika membutuhkan dana mendesak.

3. Tak Ada Bunga

Tabungan emas ada yang berbunga dan tak menggunakan bunga. Namun, beberapa perusahaan penyelenggara layanan tabungan emas ada yang tidak memotong bunga. Contohnya seperti di Pegadaian, orang yang memiliki tabungan emas tidak akan mengalami potongan karena bunga. Hal ini membuat keuntungan yang diperoleh nasabah tabungan emas berasal dari harga emas itu sendiri.

Baca juga:  8 Contoh Investasi bagi Pemula dan 7 Tips Investasinya

4. Lebih Aman

investasi emas
Sumber: iStockPhoto

Karena mampu terhindar dari inflasi dan suku bunga tinggi, keuntungan menabung emas bisa dibilang lebih aman dibanding instrumen investasi lainnya. Fluktuasi emas tidak seekstrem fluktuasi saham maupun mata uang kripto. Walaupun aman, ada baiknya portofolio investasi tak semuanya ditaruh di emas. Namun, sebaiknya tetap didiversifikasikan sesuai profil risiko Anda.

5. Menguntungkan

Tak seperti saham dan mata uang kripto pada umumnya, menyimpan emas justru menghasilkan keuntungan. Pasalnya harga emas memang cenderung stabil dari zaman dulu hingga hari ini. Menyimpan emas ini tidak menghasilkan return cash flow, tapi akan menghasilkan capital gain. Hal ini akan terasa jika investasi dilakukan dalam jangka panjang, seperti 8-10 tahun ini bisa 7-8 persen. Jadi cocok untuk milenial.

6. Mudah dicairkan

Keuntungan menabung emas ini bisa dibilang keuntungan utama berinvestasi emas. Keuntungan ini cukup menggiurkan, karena emas mudah dicairkan. Berbeda dengan jenis tabungan lainnya yang sifatnya cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja. Tabungan emas memberikan sebuah keleluasaan bagi para investor atau pemegang investasi. Karena emas dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

7. Melindungi Nilai Kekayaan

Keuntungan tabungan emas juga bisa melindungi nilai kekayaan investor. Hal ini karena nilainya yang terus meningkat dari tahun ke tahun meskipun terhitung lambat. Sebuah perlindungan investasi emas terhadap kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu terbilang stabil. Bahkan cenderung mengalami kenaikan. Jadi, ketika ingin menjualnya kembali, seseorang yang berinvestasi emas akan cenderung mendapatkan hasil baik yang justru lebih tinggi dari saat membelinya.

Bagaimana Caranya 7 Tips Investasi Emas untuk Pemula

Emas yang baik untuk ditabung adalah emas yang berupa emas batangan dan bukan emas perhiasan. Bagaimana cara membeli emas yang aman dan menguntungkan? Berikut tips investasinya.

1. Beli Emas di Tempat yang Tepercaya

Tips yang pertama adalah membelinya di tempat yang terpercaya seperti kantor resmi PT. Antam dan Pegadaian. Saat membeli emas di tempat penjualan emas yang resmi, maka kamu akan mendapatkan emas batangan fisik beserta kelengkapannya seperti sertifikat resmi dari PT. Antam dan kuitansi pembelian. Hal ini berbeda jika kamu membeli emas di toko emas biasa. Biasanya mereka tidak menyertakan sertifikat pada penjualan emasnya. Sertifikat emas batangan dari PT. Antam nantinya memudahkanmu untuk menjualnya kembali karena sertifikat tersebut berlaku nasional dan seluruh orang mengakui bahwa emas yang disertai sertifikat tersebut pastilah emas murni 24 karat.

Baca juga:  Investasi Emas Menguntungkan dengan Menghindari 4 Kesalahan Ini

2. Ketahui Tren Harga Emas Saat Menjual atau Membeli

investasi emas
Sumber: iStockPhoto

Saat ingin membeli emas atau menjualnya, pastikan kamu mengetahui harga jual emas saat itu dan harga buyback-nya. Saat harga emas turun, sebaiknya segera menginvestasikan danamu kesana. Sebaliknya, jika harga emas cenderung naik maka kamu bisa menjualnya. Saat menjual emas, pastikan untuk mengetahui nilai pasti harga buyback karena harga jual kembali ini selalu lebih rendah dibanding harga jual normal di pasaran.

3. Simpan Emas dalam Jangka Waktu yang Lama

Emas merupakan instrumen investasi jangka panjang, jadi jangan berpikir akan untung besar hanya dengan menyimpan emas batangan dalam kurun waktu satu atau dua tahun saja. Emas batangan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk naik harga secara signifikan.

4. Perhatikan Keaslian Emas

Saat membeli emas batangan, perhatikan baik-baik keasliannya. Emas yang asli produksi PT. Antam akan dilengkapi sertifikat resmi. Pada sertifikat tersebut tertulis nomor kode emas. Pastikan nomor kode sertifikat sesuai dengan nomor kode yang tercetak di emas batangan. Kamu juga bisa mendapatkan emas batangan bersertifikat di Pegadaian.

5. Simpan Emas di Tempat yang Aman

Saat simpanan emas masih sedikit, kamu bisa menyimpannya di deposit box yang aman dan letakkan di tempat yang tidak mudah diketahui orang. Jika simpanan emas mulai banyak, sebaiknya mulai memikirkan untuk menitipkan emas di lembaga yang aman dan terpercaya seperti Pegadaian atau bank. Ketika kamu menitipkan emas batangan di lembaga tersebut tentu ada biaya administrasi yang harus dibayar. Namun setidaknya kamu akan lebih tenang karena harta tersimpan dengan rapi dan aman.

6. Tentukan Tujuan

Pahami dulu bahwa setiap investasi dengan potensi keuntungan yang besar dalam waktu cepat juga punya risiko yang besar. Termasuk dengan berinvestasi emas secara daring, investor perlu memahami bahwa emas tergolong tabungan untuk jangka menengah dan panjang. Setiap hari harganya memang bisa naik atau turun, tapi nilainya tidak signifikan. Terlebih bila nilai investasi masih tergolong kecil.

Namun, dalam jangka panjang, menurut data historis, harga emas cenderung naik. Oleh karena itu, instrumen investasi yang dinilai banyak kalangan kebal akan gejolak inflasi ini bisa dimanfaatkan untuk melindungi nilai kekayaan, yakni untuk berinvestasi dalam waktu yang relatif lama sekitar 5 tahun.

7. Tidak Buru-Buru

Dalam menabung emas daring bagi pemula diperlukan kesabaran dan kejelian, tidak harus buru-buru beli atau bahkan jual emas dalam jumlah banyak sekaligus. Perlu diingat, cara menabung emas bagi pemula tergolong investasi jangka menengah dan panjang. Bila ingin dapat untung besar, maka jangan berpikir untuk jual langsung banyak. Dengan melakukan riset dan harganya sesuai, mungkin kamu baru bisa memutuskan untuk beli atau jual banyak.

Nah, itulah 5 keuntungan dan 7 tips untuk memulai investasi emas bagi pemula. Jika masih belum cukup untuk membeli emas 0,5 gram dari Antam, kamu bisa menabung terlebih dahulu hingga cukup. Selain itu, pastikan emas yang kamu beli adalah emas murni, bukan campuran dari bahan lain. Jadi, kapan mau nabung emas nih?