4 Tugas Utama Account Manager dan Skillset yang Dibutuhkan

Pengelolaan bisnis tidak mungkin dijalankan oleh satu atau dua orang saja, sebab bagian dan bidang bisnis benar-benar beragam dan perlu optimalisasi yang baik setiap saat. Salah satu bagian yang memiliki peran penting adalah account manager. Account manager adalah orang yang berperan dalam mengelola hubungan antara klien dengan perusahaan yang dijalankan.

Kemampuan spesifik diperlukan untuk menjalankan fungsi ini, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan klien dengan kapasitas dari perusahaan. Dengan demikian, titik temu bisa diperoleh, dan kedua pihak akan mendapatkan keuntungan pada setiap transaksi dan kerjasama yang terjalin.

Untuk memahami apa itu account manager dan fungsinya lebih lanjut, Anda bisa simak penjelasan di artikel ini. Kemudian, akan dijelaskan pula skill yang wajib dimiliki staf di posisi tersebut, sehingga dapat menunjang tanggungjawab yang diberikan padanya.

Baca Juga: 10 Tugas Sales Promotion dan 6 Manfaatnya untuk Bisnis

Mengenal Apa Itu Account Manager

account manager adalah

Account manager adalah bagian dari perusahaan yang memiliki peran untuk mengelola akun. Akun di sini diartikan sebagai klien yang dimiliki perusahaan. Menjadi jembatan antara klien dan perusahaan adalah peran utama dari account manager, sehingga kerjasama yang terjalin bisa terus produktif dan menghasilkan keuntungan di kedua pihak.

Pada setiap transaksi dan kerjasama bisnis, masing-masing pihak dipastikan memiliki tuntutan dan kapasitasnya. Klien, di satu sisi, ingin mendapatkan layanan dan hasil terbaik dari pekerjaan yang dilakukan perusahaan untuknya. Di sisi lain, perusahaan juga memiliki kapasitas yang harus dapat mengakomodir kebutuhan klien sesuai dengan kesepakatan.

Baca juga:  Memahami Apa Itu CS, Bagian Penting ‘Wajah’ Perusahaan

Tidak jarang kedua pihak ini mengalami selisih paham, sehingga harus dilakukan diskusi untuk mencapai kesepakatan. Keberadaan account manager dalam hal ini akan sangat penting, guna menjadi jembatan untuk menyampaikan keinginan klien, dan kembali menyampaikan tanggapan dan kapasitas perusahaan pada klien yang dimiliki.

4 Tugas Account Manager secara Umum

account manager adalah

Dalam praktiknya, setidaknya terdapat 4 tugas utama yang dimiliki oleh bagian ini. Mulai dari analisis kebutuhan klien, senantiasa menjaga hubungan baik perusahaan dengan klien, melayani apa yang dibutuhkan klien terkait kerjasama, dan penyusunan strategi pemasaran beserta target.

Secara singkat, berikut penjelasan dari masing-masing tugas tersebut.

1. Melakukan Analisis pada Kebutuhan Klien

Menganalisa dan memahami apa yang dibutuhkan klien menjadi tugas pertama dari account manager. Dengan demikian, apa yang dibutuhkan klien dapat disampaikan dengan gamblang ke perusahaan untuk ditindaklanjuti.

Metode pencarian data ini dilakukan dengan diskusi mendalam, dan melakukan konfirmasi pada klien yang bersangkutan. Setelah didapatkan, kebutuhan klien ini disampaikan pada perusahaan untuk dikerjakan. Hal yang sama juga dilakukan pada kebijakan atau kapasitas perusahaan, untuk disampaikan pada klien yang bersangkutan agar didapatkan pemahaman bersama.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Setiap project yang berjalan akan selalu melibatkan interaksi antara klien dan perusahaan. Account manager dalam hal ini, harus menjalankan tugas untuk menjaga hubungan baik antara keduanya. Ingat, kerjasama yang produktif selalu didasarkan pada komunikasi yang lancar antara dua pihak.

Ketika tuntutan klien dapat diterjemahkan menjadi poin yang jelas dan spesifik, pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan diselesaikan. Hasilnya, output dari kerjasama akan menguntungkan dua pihak karena sesuai dengan keinginan yang telah disepakati dengan baik.

Baca juga:  Ternyata Banyak Manfaatnya, Berani Coba Bungee Jumping?

3. Melayani Klien

Sebenarnya fungsi account manager adalah untuk melayani klien dalam kerjasama yang dilakukan dua pihak. Hal ini ditujukan agar klien dapat merasa puas atas kerjasama yang terjalin, dan kerjasama bisa dilakukan dalam jangka panjang.

Account manager harus memiliki kemampuan menjadi rekan diskusi yang baik untuk klien, namun dengan tetap berpegang pada kebijakan perusahaan yang disepakati. Bagian ini akan menjadi penghubung dan representasi perusahaan yang selalu berada di samping klien guna memenuhi apa yang dibutuhkannya.

4. Penyusunan Strategi Pemasaran dan Target Pemasaran

Bagian ini fokus pada strategi yang sesuai dengan kebutuhan klien secara spesifik. Jadi strategi pemasaran yang telah dirumuskan harus berorientasi pada pencapaian target dari klien yang dimiliki sehingga kerja yang dilakukan bisa lebih fokus.

Penetapan strategi dan target yang disusun ini harus dengan sepengetahuan klien, dand persetujuan klien. Account manager akan memberikan bantuan pertimbangan dan masukan, sehingga diperoleh strategi yang jitu dan efektif.

Ketahui Skill yang Wajib Dimiliki Staf di Bagian Account Manager

account manager adalah

Dengan tugas dan tanggung jawab tersebut, jelas seperangkat kemampuan wajib dimiliki oleh staf di bidang ini. Secara singkat, skill yang wajib dimiliki account manager adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan berkomunikasi yang luar biasa baik
  • Perhatian pada detail untuk setiap diskusi yang dilakukan
  • Memiliki kepekaan pada klien potensial yang dimiliki perusahaan
  • Terus mengikuti tren pemasaran sehingga dapat menyusun dan menentukan strategi pemasaran yang tepat
  • Memiliki inisiatif tinggi dan proaktif
  • Memiliki manajemen waktu yang baik
  • Dapat segera memahami apa yang dibutuhkan klien dan mudah beradaptasi dengan pola komunikasi klien

Baca Juga: 9 Tugas Marketing, Fungsi, dan Tanggung Jawab di Perusahaan 

Sekilas mengenai account manager di atas semoga bisa menjadi pemahaman yang berguna untuk Anda. Memang, tugas account manager adalah tugas yang cukup krusial karena menjadi penghubung antara dua pihak yang bekerjasama. Namun dengan skillset yang tepat dan optimalisasi pengelolaan SDM yang baik, maka fungsi ini dapat dijalankan dengan maksimal.