9 Danau di Indonesia Tercantik yang Seru Buat Piknik

Selain memiliki belasan ribu pulau, danau di Indonesia juga berjumlah sangat banyak. Banyaknya danau di Tanah Air dikarenakan Indonesia melewati jalur pertemuan tiga lempeng tektonik. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup, jumlah danau di Indonesia diperkirakan mencapai 1.575. Rinciannya adalah danau besar sebanyak 840 dan danau kecil atau situ mencapai 735.

Dari total jumlah tersebut, danau di Indonesia mampu menampung hingga 500 km3 air atau 72% dari total persediaan air permukaan di Indonesia. Daya tampung air yang cukup besar tersebut, menjadikan danau sebagai andalan persediaan air untuk sektor pertanian, sumber air baku masyarakat, perikanan, PLTA, pariwisata, dan lain sebagainya.

Daftar Danau di Indonesia

Tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya saja, Indonesia juga punya kejutan yang tersimpan dalan keelokan alamnya. Sebagai negara dengan ribuan danau, tentu berwisata ke berbagai danau di Indonesia menjadi hal yang menarik dan akan memanjakanmu dengan pesona alamnya yang indah. Biar kamu punya gambaran danau mana saja yang seru untu dikunjungi saat liburan nanti, lebih baik kamu baca dulu informasi di bawah ini.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

danau di indonesia

Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang paling populer Indonesia. Danau Toba terletak di Sumatera Utara dan terbentang di tujuh kota. Danau Toba selalu menjadi pilihan destinasi wisatawan saat berkunjung ke Sumatera Utara. Danau dengan luas sekitar 1.100kmĀ² ini tak hanya memiliki legenda menarik tetapi juga pemandangan yang menakjubkan.

Konon menurut cerita, danau ini dihasilkan dari ledakan super masif sekitar 77.000 tahun yang lalu. Selain memicu perubahan iklim global, letusan ini juga menyebabkan penyusutan populasi dunia. Jika kamu tertarik mengunjungi Danau Toba, kamu bisa datang pada bulan September, Oktober, maupun November agar tidak terlalu padat pengunjung. Kamu juga bisa menikmati beberapa objek wisata seperti, Air Terjun Sipiso-Piso ataupun Pasir Putih Parbaba pun yang tak kaah menarik.

2. Danau Maninjau, Sumatera Barat

danau di indonesia

Terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Danau Maninjau merupakan danau tektonik. Danau Maninjau terletak di ketinggian 459 meter di atas permukaan laut, sehingga suhunya masih sejuk cenderung normal.

Baca juga:  Mau ke Artjog? Simak Informasinya Sebelum Ditutup!

Meski luasnya hanya mencapai 99,5 km persegi dengan kedalaman maksimal 165 m, salah satu danau terbesar di Indonesia ini cukup terkenal dengan pemandangannya yang mmesona dan dikelilingi pegunungan dengan udara yang sejuk. Untuk mencapai ke danau ini, kamu harus siap melewati Kelok 44 yang curam. Jadi, hati-hati di perjalanan ya!

3. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau Singkarak merupakan danau di Indonesia yang masuk kategori tektonik. Danau Singkarak terletak di Kabupaten Solok dan Tanah datar, Sumatera Barat berada di elevansi 362 meter. Danau Singkarak mempunyai ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km persegi. Kedalaman maksimal Danau Singkarak mencapai 268 meter dengan volume air mencapai 16,1 km kubik.

Salah satu daya tarik utama danau Singkarak adalah adanya ikan bilih, spesies yang diperkirakan hanya hidup di danau ini. Jika beruntung, kamu bisa melihatnya atau bahkan menyantapnya sebagai hidangan khas di tempat ini. Bagi kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang danau, cobalah datang ke Puncak Gobah. Di sana, ada rumah pohon yang didesain khusus untuk wisatawan yang ingin berfoto ria dengan latar belakang Singkarak.

4. Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki danau terindah di Indonesia yang disebut dengan Danau Ranu Kumbolo. Danau ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk bisa mencapai danau memang membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra karena kamu harus melalui jalur pendakian yang cukup melelahkan. 

Di sepanjang jalan menuju danau, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan berupa pohon pinus dan cemara. Sesampainya di Ranu Kumbolo, kamu akan disuguhi pemandangan danau yang luar biasa. Danau Ranu Kumbolo merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan sunrise dan hamparan bintang di malam hari.

5. Danau Poso, Sulawesi Tengah

Danau di Indonesia yang paling seru buat piknik berikutnya terdapat di Sulawesi, tepatnya di Poso, Sulawesi Tengah. Danau yang diberi nama sesuai daerah asalnya ini memiliki kedalaman kurang lebih 195 meter dan bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk memancing ikan. Bahkan rata-rata penduduk di sekitar Danau Poso melakukan berbagai aktivitas seperti menjala dan membudidayakan ikan di tempat ini.

Keindahan Danau Poso terletak pada area sekitar danau yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih. pemandangan ini sekilas membuat danau terlihat seperti pantai berpasir putih. Danau dengan panorama mekanjubkan ini juga berdekatan dengan kawasan konservasi bunga anggrek terbesar di Indonesia.

Baca juga:  Wisata Edukasi Membuat Essential Oil di Rumah Atsiri

6. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat juga masuk dalam salah satu danau di Indonesia yang mengasyikkan untuk dikunjungi, yaitu Danau Segara Anak. Danau Segara Anak berada di kawah Gunung Rinjani dan memiliki air berwarna biru layaknya air laut. Danau ini bisa dicapai setelah melewati jalur yang cukup melelahkan karena danau ini berada di sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Danau ini biasa digunakan para pendaki untuk beristirahat ketika melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

7. Danau Telaga Warna, Jawa Tengah

Memiliki keunikan tujuh warna air yang berbeda, Danau Telaga Warna di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo ini bisa kamu masukkan ke daftar destinasi yang perlu dikunjungi saat liburan nanti. Warna air pada danau sering berubah dikarenakan adanya kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat terkena pantulan cahaya matahari, air danau akan memancarkan warna yang berbeda-beda. Meski memiliki variasi warna air yang beragam, warna tosca atau hijau kebiruan adalah yang paling sering dilihat wisatawan.

Agar puas mengunjungi Danau Telaga Warna, sebaiknya kamu datang saat pagi atau siang hari. Dengan begitu, kamu bisa melihat pesona danau dengan jelas tanpa terhalang kabut. Kamu juga bisa mengunjungi objek menarik lainnya seperti Gua Semar, Gua Eyang Kumalasari, dan masih banyak lagi. Satu hal yang perlu kamu ingat, gunakanlah pakaian hangat karena kawasan danau yang berada di dataran tinggi ini cukup dingin.

8. Danau Kelimutu, Flores

danau di indonesia

Mendengar nama Danau Kelimutu pasti kamu sudah tak asing lagi. Danau ini memang populer berkat keindahan alamnya. Danau Kelimutu juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit. Keunikan dari danau ini adalah dimana Danau Kelimutu ternyata terdiri dari tiga macam danau dengan warna air yang berbeda-beda. Bahkan menurut warga setempat, perbedaan warna pada danau ini memiliki kekuatan mistis.

9. Danau Sentani, Papua

Danau di Indonesia tercantik selanjutnya berada di Papua yaitu Danau Sentani. Danau ini berada diatas ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Lokasi danau Sentani berada kurang lebih 50 meter dari kota Jayapura. Di kawasan danau ini terdapat kurang lebih 22 pulau yang mana masing -masing didiami oleh masyarakat asli yaitu Suku Sentani.

Jika kamu berniat untuk mengunjungi Danau Sentani, maka disarankan datanglah saat pertengahan tahun karena pada saat inilah biasa dilaksanakan Festival Sentani. Sehingga tak hanya keindahan alam dan biota laut saja yang bisa kamu saksikan, namun juga berbagai pertunjukan kebudayaan khas warga sekitar.